5 Bahan Makanan Wajib Dibeli untuk Sambut Ramadan

Nugget.
Sumber :
  • Pixabay/BellaBalla

VIVA – Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Jika berbicara soal ramadan tentu erat kaitannya dengan ibadah. Bukan hanya itu saja, ramadan juga dengan sajian berbuka puasa dan sahur yang mengguhah selera. Berbicara mengenai hidangan ramadan, ada baiknya para ibu sudah mulai menyetok berbagai bahan makanan. 

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Ini penting untuk membantu ibu untuk mempersiapkan hidangan spesial. Maklum saja pada bulan ramadan khususnya di awal ramadan terbilang hectic untuk mempersiapkan hidangan berbuka dan sahur. Berikut ini beberapa bahan makanan yang wajib dipersiapkan.

1. Frozen food

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Frozen food seperti nugget menjadi salah satu bahan makanan yang wajib dibeli oleh masyarakat dalam menghadapi bulan puasa. Nugget bisa menjadi pilihan yang praktis untuk menu sahur.

Lebih-lebih jika Anda di awal puasa sedikit terlambat bangun untuk sahur. Selain nugget, Anda juga bisa membeli rollade untuk menjadi suguhan menu sahur.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

2. Ayam 

Ayam menjadi menu yang wajib hadir di meja makan. Tetapi jika berbicara ayam mentah mungkin agak sedikit "ribet" untuk memasaknya khususnya saat sahur di bulan ramadan. Sebagai alternatif tanpa ribet untuk memasak ayam di bulan puasa, bisa mencari ayam yang telah dibumbui dan langsung digoreng.

Anda bisa mencari ayam ungkep ini di pasar tradisional atau bisa membuat request kepada penjual ayam keliling. Umumnya beberapa penjual ayam keliling kompleks ada yang menawarkan ayam ungkep. 

3. Bumbu 

Bumbu menjadi bahan makanan yang wajib ada dalam setiap masakan. Nah untuk bumbu sendiri sebaiknya sudah mulai membeli beberapa bumbu seperti bumbu putih dan bumbu merah giling yang bisa ditemukan di pasar tradisional. Bumbu ini bisa membantu mempersingkat waktu memasak baik untuk menyiapkan hidangan berbuka maupun hidangan sahur. 

Selain itu, jangan lupa untuk membeli beberapa bumbu jadi kering kemasan seperti bumbu sayur sop, bumbu sayur asam, bumbu sayur lodeh, bumbu ikan goreng, bumbu nasi goreng hingga bumbu ayam goreng. 

4. Mi dan telur

Ilustrasi mie.

Dua jenis bahan makanan ini wajib masuk dalam daftar yang harus dibeli untuk bulan puasa. Seperti halnya nugget, mi dan telur juga bisa menjadi pilihan yang praktis untuk menu sahur terutama jika telat bangun. Anda bisa menyuguhkan mi godog atau mi goreng yang dicampur dengan telur. Atau disajikan terpisah dengan telur dadar atau telur kocok. 

5. Tepung

Tepung juga menjadi bahan wajib dibeli untuk persiapan bulan puasa. Jika berbicara ramadan tentu erat kaitannya dengan gorengan. Dengan tepung Anda bisa membuat sajian bakwan goreng, tempe mendoan hingga tahu isi sebagai menu takjil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya