Begini Cara Memanggang Steak yang Benar Seperti di Restoran

Steak.
Sumber :
  • VIVA/gurkanerol

VIVA – Siapa yang bisa menolak kelezatan steak? Olahan daging ini sangat digemari dan menjadi salah satu sajian populer di berbagai belahan dunia. Belum lagi teksturnya yang lembut, membuat siapa pun yang menyantapnya pasti akan langsung ketagihan. Ditambah dengan bagian lemak yang sedikit gosong dan langsung lumer di lidah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Steak sendiri dibuat dengan cara memanggang daging dengan sedikit minyak hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Warna kecoklatan hingga hangus ini disebut-sebut membuat cita rasa daging menjadi lebih nikmat.

Tanda coklat hingga menghitam dari panggangan itu disebut sebagai reaksi Maillard, reaksi kimia yang terjadi antara asam amino dan karbohidrat ketika makanan terkena panas.  Yang mana permukaan makanan yang berwarna cokelat dan terkaramelisasi, menghasilkan hidangan yang bukan hanya lebih enak, tetapi juga lebih menarik secara visual.

Maia Estianty Puji Makanan di Resto Rey Utami, Nilainya 11

Nah, bagaimana cara memanggang steak yang benar agar hasilnya seperti di restoran?

Dilansir dari Reader’s Digest, Senin, 29 April 2019, sebaiknya Anda pakai wajan atau panggangan yang permukaannya rata atau tidak bergaris-garis. Tujuannya agar mendapatkan warna coklat keemasan pada area permukaan steak sebanyak mungkin.

Kontribusi pada Ekosistem Halal, Waroeng Steak & Shake Raih Penghargaan dari LPPOM MUI

Memanggang steak dengan cara ini akan menghasilkan steak yang matang lebih merata dan rasanya lebih kaya. Belum lagi kerak yang dihasilkan pada steak benar-benar menambah kelezatan.

Wajan bergaris-garis atau grates grill dirancang untuk menahan banyak panas, yang memberi Anda tanda panggangan atau girll marks, tetapi tidak bisa memberikan tanda kecoklatan pada keseluruhan permukaan steak. Jika panggangan terlalu panas, steak bisa menghitam atau hangus sebelum matang dan rasanya akan gosong serta pahit. Jadi Anda harus memperhatikan suhu panggangan dengan hati-hati.

Cara terbaik untuk memasak steak agar bagian luarnya kering dan kecokelatan adalah dengan menggunakan panci besi atau wajan panas di atas api besar. Anda masih akan mendapatkan rasa smokey dari panggangan dengan gratest grill, tetapi dengan wajan dengan permukaan yang rata memungkinkan Anda membakar seluruh permukaan steak. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya