5 Tips Belanja Bahan Pokok Hemat dan Efisien Selama Ramadan

Ilustrasi sayuran/belanja di supermarket.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA – Percaya atau tidak, berbelanja kebutuhan pokok selama bulan Ramadan bisa dua kali lipat banyaknya dibandingkan di bulan lainnya. Keinginan memasak aneka makanan untuk sahur dan berbuka agar puasa semakin semangat menjadi salah satu alasan terbesarnya.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Tentu saja pengeluaran pun akan membengkak. Untuk itu, ketahui tips menghemat waktu dan uang ketika berbelanja kebutuhan pokok di supermarket, seperti dilansir dari laman Taste of Home, Selasa, 14 Mei 2019, berikut ini.

1. Jangan berbelanja di Minggu sore

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Hari Minggu adalah salah satu waktu yang paling ramai di supermarket. Berbelanja banyak bahan makanan pada jam-jam sibuk adalah ide yang buruk. Anda akan berbelanja bersama banyak orang dan menghabiskan waktu yang lama mengantre di kasir atau mencari bahan pangan di supermarket yang penuh sesak.

Untuk itu, sebaiknya berbelanjalah di hari biasa dan pilih waktu sore hari.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

2. Selalu buat daftar belanja

Sangat mudah berpikir Anda akan mengingat setiap item yang Anda butuhkan setelah menjelajahi supermarket. Tetapi hiruk pikuk saat berbelanja pasti membuat Anda melupakan beberapa barang.  Sebelum Anda meninggalkan rumah, periksa bahan apa saja yang masih ada dan perlu dibeli, lalu buat daftar belanjaan. Ini memungkinkan Anda berbelanja lebih efisien di supermarket dan tidak membeli produk yang tidak Anda butuhkan.

3. Selalu ambil daging dan produk susu di saat terakhir

Ketika Anda akan berbelanja dalam waktu yang lama,  Anda perlu mempertimbangkan produk apa yang harus diambil lebih dahulu dan mana yang belakangan. Produk susu atau daging umumnya harus dijaga di suhu dingin agar tidak menurun kualitasnya. Jadi pastikan untuk mengambilnya di saat terakhir.

4. Jangan membeli hanya karena diskon

Kadang-kadang sulit untuk tidak mengambil barang-barang diskon. Namun, patut diingat bahwa hanya karena suatu barang sedang didiskon bukan berarti itu adalah pilihan termurah. Lihatlah ke sekeliling rak dan bandingkan harga. Periksa juga produk merek supermarket, karena seringkali bisa menjadi pilihan termurah.

5. Jangan berbelanja produk makanan di siang hari

Jika Anda ingin membeli buah dan sayuran segar, maka Anda harus berbelanja bersamaan dengan waktu pengiriman bahan makanan ke supermarket. Produk makanan seperti sayur dan buah sering dikirim pada pagi hari atau malam hari ketika supermarket tutup. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya