3 Tips Kupas Bawang Putih, Cepat dan Bebas Ribet

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA – Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib hadir pada setiap masakan. Sebab, bawang putih dapat memengaruhi cita rasa pada makanan. Namun, banyak yang mengeluhkan repotnya mengupas bawang putih, apalagi jika dalam jumlah yang besar.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain itu, bau khas bawang yang menyengat dan susah hilang akan menempel di tangan. Itulah sebabnya banyak yang memilih jalan pintas dengan menggunakan bawang putih bubuk. Padahal makanan akan lebih nikmat  jika menggunakan bawan putih segar.

Untuk mengatasi hal itu, mungkin Anda bisa mencoba tips dan trik mengupas bawang putih anti ribet seperti dilansir dari laman Taste of Home, Jumat, 17 Mei 2019 berikut ini.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Teknik menggunakan mangkuk

Langkah pertama, hancurkan bagian atas atau kepala dari bawang putih. Ambil dua mangkuk dengan ukuran yang sama. Tempatkan kepala bawang putih dalam satu mangkuk dan gunakan bagian bawah mangkuk yang lainnya untuk menghancurkan kepala bawang putih. Selain mangkuk, Anda juga dapat menggunakan dua talenan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Mangkuk berbahan logam berfungsi paling baik karena permukaan yang keras, ringan dan lebih mudah bergetar dan tidak akan pecah jika Anda kehilangan cengkeraman pada mangkuk.

Langkah kedua, kocok bawang putih. Masukkan seluruh bawang yang telah dihancurkan ke dalam satu mangkuk dengan mangkuk lainnya di atasnya. Kocok kuat-kuat selama 10-15 detik untuk memisahkan lapisan luar dari bawang putih.

Anda juga dapat menggunakan wadah penyimpanan makanan dari plastik dengan penutup. Stoples juga bisa digunakan tetapi prosesnya akan lebih lama. Proses ini juga bisa dilakukan dengan hanya beberapa siung bawang putih.

Langkah ketiga, pisahkan bawang putih dari kulitnya.

2. Dalam microwave

Metode yang cepat tapi sedikit berisiko untuk mengupas bawang putih adalah dengan menggunakan microwave. Panaskan bawang putih dalam microwave selama 15-20 detik dan kulit akan terkelupas tanpa ribet.  Namun, berhati-hatilah jangan sampai Anda malah membuat bawang menjadi matang. Nanti ketika dimasak, hidangan menjadi kurang lezat.

3. Dengan pisau

Teknik yang sudah terbukti benar. Taruh bawang putih di bawah bilah pisau dapur. Tekan pisau ke bawah hingga Anda mendengar kulitnya terlepas. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya