Masak Jamur Tak Bisa Sembarangan, Ketahui Triknya

Ilustrasi jamur.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Jamur tidak hanya jadi pelengkap masakan. Jamur terkadang juga disajikan sebagai hidangan utama. Tak jarang pula, jamur dijadikan sebagai camilan praktis seperti jamur goreng crispy.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Meski terdengar mudah, ternyata mengolah jamur itu susah-susah gampang. Maka dari itu, perlu sedikit persiapan tambahan sebelum jamur dimasak sebagai hidangan.

Banyak varietas jamur yang tumbuh rendah ke tanah, sehingga kemungkinan ada sisa kotoran yang tersisa pada batang dan bagian atasnya pada saat mereka akan dimasak. Jadi jangan lupa untuk membersihkannya atau makanan Anda bisa berakhir kurang enak dari yang Anda harapkan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Dilansir dari laman Taste of Home, Rabu, 22 Mei 2019, berikut ini langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk menghidangkan jamur.

1. Cara membersihkan jamur

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

- Bersihkan kotoran dengan lembut menggunakan sikat jamur atau lap jamur dengan tisu basah.  Jika ada jumlah kotoran yang berlebih, segera bilas jamur dengan air dingin, tapi jangan sampai benar-benar basah. Segera keringkan dengan tisu. Jangan kupas jamur.

-  Potong batang.

2. Cara mempersiapkan jamur untuk diisi

- Pegang bagian atas jamur di satu tangan dan ambil batangnya dengan tangan lainnya. Putar untuk mematahkan batang. Potong atau iris halus batang jamur.

- Taruh batang yang telah diiris di atas serbet kertas dan peras untuk menghilangkan cairan apa pun. Lalu campur dengan bumbu dan bahan lain sebelum diisi ke dalam bagian tudung jamur dan dipanggang. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya