Nikmat Lembutnya Fluffy Pancake yang Lumer di Mulut

Fluffy Pancake
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Semua orang pasti suka dessert, termasuk pancake. Ya pancake menjadi salah satu dessert yang disukai di berbagai kalangan usia. Hal ini lantaran teksturnya yang lembut berpadu dengan rasa manis dalam satu gigitan. Belakangan ini, makanan yang populer di negara barat ini mengalami berbagai inovasi.

Bukan Pancake, Alam Semesta Punya Bentuk Seperti Donat

Jika umumnya pancake memiliki tekstur yang tebal. Namun kini hadir pancake yang memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dibandingkan dengan tekstur pancake pada umumnya. Pancake ini sendiri merupakan jenis pancakesouffle pancake asal Jepang.

Pancake jenis ini pun mulai hadir di Jakarta, salah satunya adalah Pan & Co yang ada di Mal Kelapa Gading Jakarta Utara. Founder Pan & Co, Irsandy Hendro menyebut perlu waktu dua bulan untuk dirinya dan sang istri  membuat pancake jenis ini.

Tips Rawat Alat Masak Premium agar Awet, Emak-emak Wajib Tahu!

"Jadi saya dan istri suka ke Jepang waktu itu saya riset dua bulan untuk bisa bikin resep pancake ini seotentik di Jepang. Kita cuman nyobain pancake yang ada di Jepang dan lihat alat apa yang dipakai," kata dia saat ditemui VIVA di Mal Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat malam 31 Mei 2019.

Resep Pancake Pisang untuk MPASI Bayi, Enak dan Praktis!

Dia melanjutkan, untuk mendapatkan pancake jenis ini pun perlu tiga hal yang diperhatikan mulai dari adonan, proses mixing hingga proses memasak pancake. Untuk bahannya sendiri, kata Irsandy pancake buatannya ini berbahan dasar telur dan butter.

"Basenya pure egg dan butter jadi tidam tawar dan enggak over sweet. Kalau pakai cheese after tastednya agak eneg," jelas dia.

Irsandy juga menjelaskan bahwa untuk membuat adonan pancake fluffy ini pun dibuat sesuai dengan orderan. Ini dimaksudkan untuk membuat tekstur pancake tidak menjadi fluffy.

"Kita made by order, makanya butuh waktu 20-30 menit. Untuk memisahkan antara telur dan adonan, tapi kita pisahkannya per batch baru dimix. Kalau di mix banyak sekaligus akan ambles, karena busa," kata dia.

Selain itu untuk membuat pancake dengan tekstur seperti ini teknik memasak juga penting. Sebab, untuk memasak pancake ini harus dalam suhu 150 derajat selama 15 menit.

"Suhunya harus pas enggak panas dan dingin. Waktunya pas enggak boleh meleset kalau lebih 10 detik bisa gosong," kata dia.

Untuk penyajiannya dia menyarankankan untuk langsung dimakan. Mengingat saat diangkat setelah dimasak, tekstur fluffy akan berkurang.

"Diangkat ke piring berkurang 15 persen sampai ke meja 20 persen. Jadi langsung makan jangan lebih dari 15 menit," kata dia.

Untuk menu yang diandalkan antara lain original, cheesu bobba dan strawberry miss you. Rata-rata menu di sini dibandrol mulai dari Rp49 ribu hingga Rp65 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya