Hindari Kesalahan Fatal Ini Saat Memanggang Daging

Ilustrasi steak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Daging merah yang dipanggang atau ayam yang dipanggang memiliki cita rasa yang lebih nikmat dibanding dimasak dengan teknik lain. Tidak heran, jika teknik memanggang menjadi andalan bagi ibu rumah tangga dalam menyuguhkan makanan bagi keluarga.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, perlu diketahui, ternyata ada kesalahan yang sering dilakukan saat memanggang makanan yang dapat melukai Anda dan orang lain.

Para peneliti di Amerika Serikat menganalisis data dari tahun 2002 hingga 2014. Dari data itu ditemukan sebanyak 1.700 orang pergi ke unit gawat darurat di seluruh AS dengan luka-luka dari bulu kawat yang digunakan untuk membersihkan panggangan. Demikian dilansir dari Reader’s Digest, Kamis, 20 Juni 2019.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Bulu-bulu itu bisa tersangkut di panggangan dan jika tanpa disadari, bisa berakhir di menempel di di daging yang Anda makan. Kemudian bulu itu dapat terjebak di tenggorokan seseorang atau bersarang di saluran usus.

“Saya tidak akan menyebutnya hal biasa.  Tapi itu mungkin sesuatu yang orang tidak sadari atau yang tidak mereka ketahui," kata Dr. David Chang, M.D., spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di University of Missouri Health Care dan rekan penulis studi.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Jadi bagaimana Anda bisa menjaga panggangan Anda bersih tanpa meninggalkan bulu kawat yang membahayakan? Dr. Chang merekomendasikan bahwa jika Anda menggunakan sikat kawat, pastikan sikatnya dalam kondisi baik dan bulunya tidak jatuh ke panggangan. Kemudian setelah dibersihkan, periksa panggangan untuk mencari bulu yang terjatuh.  

Anda juga dapat menggunakan sikat khusus atau batu apung. Atau coba sikat nilon atau kayu atau zat pembersih khusus.

Anda mungkin juga menggabungkan beberapa metode. Yang pasti jangan menyerah pada barbekyu atau aktivitas panggang memanggang. Pertimbangkan beberapa opsi yang lebih aman saat Anda membersihkan panggangan. (mar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya