Begini Cara Menyimpan Sayur dan Buah Biar Tetap Segar

Ilustrasi lemari es.
Sumber :
  • Instagram/@well_arranged_home

VIVA – Lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki di setiap rumah. Mengingat fungsinya yang besar untuk menyimpan makanan agar maupun bertahan lama. Namun, ternyata tidak semua bahan bisa disimpan di dalam lemari es. Salah satunya, makanan yang baru dibeli atau fresh.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Dilansir dari laman Taste of Home, Jumat, 21 Juni 2019, berikut ini cara menyimpan bahan makanan fresh dalam kulkas agar tidak rusak.

1. Mentimun

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Buah-buahan, seperti tomat, pisang dan melon, menghasilkan gas etilen, yang dapat mempercepat proses pembusukan. Mentimun sangat sensitif terhadap gas etilen ini, sehingga mentimun membutuhkan tempat mereka sendiri atau baka; lebih cepat rusak.

Mentimun sebenarnya lebih cocok untuk disimpan di meja daripada di lemari es dengan buah-buahan lain, tetapi jika Anda ingin mentimun dingin, Anda dapat menyimpannya jauh dari buah-buahan. selama beberapa hari di lemari es.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

2. Perlakukan rempah-rempah seperti bunga segar

Jika Anda mencoba mengurangi garam atau hanya menambah rasa pada makanan Anda, Anda bisa menggunakan bumbu segar.  

"Simpan tumbuhan herbal segar seperti halnya Anda akan memotong bunga segar," kata Dana Tomlin, Fresh Manager di Wheatsville Food Co-op di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Pertama, pastikan daunnya benar-benar kering. Selanjutnya, potong ujung-ujungnya dan tempatkan rempah-rempah itu. Bagian batang ke bawah simpan dalam cangkir atau stoples dengan air.  Namun, perlu diketahui bahwa sebagian besar rempah-rempah baik-baik saja bila disimpan dengan cara ini di lemari es.  

Tetapi hal ini tidak termasuk bagi basil. Bagaimana pun juga, basil lebih baik berada dalam suhu ruangan. Jadi simpan dalam stoples berisi air. Namun, pastikan Anda rutin mengganti air di dalamnya. Sebagian besar rempah-rempah yang disimpan dengan cara ini bisa bertahan hingga dua minggu.

3. Pisahkan apel dan jeruk

Buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut etilen kan menyebabkan makanan lain lebih yang berada di dekatnya lebih cepat busuk. Simpan apel di lemari es jika Anda ingin memperpanjang umur simpannya. Jeruk yang disimpan di lemari es (jauh dari apel) harus ditempatkan dalam kantong jala sehingga udara dapat bersirkulasi di sekitar mereka. Dan jangan menggunakan kantong plastik karena akan membuat jeruk berjamur.

4. Buang tangkai pisang

Menyimpan pisang utuh satu tandan sekaligus akan membuat semuanya matang dalam waktu yang bersamaan. Ini berarti Anda harus mengonsumsinya lebih cepat atau buah itu akan membusuk. Solusinya, pisahkan pisang satu sama lain. Simpan beberapa dalam mangkuk buah di meja untuk dimatangkan dan simpan pisang lainnya di lemari es untuk menunda proses pematangan.

5. Jangan simpan bawang dan kentang bersama

Jangan menyimpan keduanya berdekatan sebelum Anda memasaknya, karena bawang akan menyebabkan kualitas kentang menjadi buruk.  

"Yang terbaik untuk menyimpan bahan makanan seperti kentang dan labu adalah di keranjang anyaman terbuka di tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga kesegaran," kata Tomlin.  

"Anda dapat menyimpannya di dalam kantong kertas, tetapi pastikan mereka berada di wadah di mana kelembapan atau kondensasi tidak menumpuk, yang akan membuatnya melunak dan menjadi lebih cepat busuk," ucapnya.

6. Simpan alpukat di sebelah pisang

Karena alpukat cukup mahal, penting untuk menyimpannya dengan benar.  

“Jika alpukat Anda kurang matang, simpan di sebelah pisang.  Gas yang dilepaskan dari pisang menyebabkan pematangan,” kata Tomlin.  

Namun, jika Anda perlu memperpanjang usia alpukat, simpan di dalam kulkas. Ini akan memperlambat proses pematangan secara signifikan.

7. Jangan simpan tomat dalam lemari es

Terlalu lama di dalam kulkas bisa membuat tomat lembek dan terasa tawar. Tomat dapat disimpan di lemari es selama dua atau tiga hari, tetapi begitu Anda memotong tomat atau sayuran dan buah apa pun, jika ada sisa, maka harus disimpan di lemari es untuk memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya.

Namun, menyimpan tomat utuh dalam suhu ruangan akan memperkaya rasanya. Jadi, jika Anda bisa, simpan di atas meja.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya