6 Tips Mengolah Tahu yang Belum Diketahui Banyak Orang

Tahu goreng.
Sumber :
  • Freepik/topntp26

VIVA – Tahu adalah salah satu jenis makanan yang paling populer di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Meski sederhana, tahu ternyata kaya akan protein nabati karena terbuat dari kacang kedelai.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain sehat, tentunya tahu dapat menjadi lauk atau camilan yang nikmat. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengolah tahu yang benar agar hasilnya nikmat. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini adalah sejumlah tips yang akan membantu Anda, dilansir dari Delish, Rabu, 3 Juli 2019.

1. Anda harus mengeringkannya

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Kebanyakan tahu dikemas dalam air, jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkan air dalam tahu sebanyak mungkin. Sebab, tahu yang basah tidak akan menyerap bumbu saat dimarinasi atau menjadi garing dalam wajan.  

Untuk mengeringkannya, iris tahu dan letakkan irisan tahu dalam satu lapisan di atas loyang berlapis kertas tisu. Taruh tisu lebih banyak pada bagian atas tahu, kemudian tindih dengan benda berat, seperti buku masak atau wajan besi. Diamkan setidaknya satu jam.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

2. Jika dimarinasi, jangan gunakan minyak
 
Setelah Anda mengeringkannya, tahu pun siap diberi bumbu. Seperti yang kita semua tahu, minyak dan air tidak bercampur. Untuk itu, pilih bumbu berbasis kedelai, air perasan jeruk atau cuka.

3. Gunakan tepung maizena

Mencoba membuat tahu yang renyah bukanlah hal mudah. Itu karena ada langkah penting sering diabaikan, yakni membaluri tahu dengan tepung maizena yang bisa membuatnya benar-benar renyah saat digoreng.

Masukkan tepung maizena ke dalam mangkuk, tambahkan potongan tahu yang sudah dikeringkan atau dimarinasi lalu aduk.

4. Pastikan wajan panas

Kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan ketika mencoba menggoreng makanan apapun adalah menggunakan wajan bersuhu ruangan. Sebelum Anda menggoreng tahu, tuangkan minyak ke dalam wajan dan tunggu hingga panas sebelum memasukkan tahu.

5. Penggunaan minyak

Karena Anda menggoreng tahu, pastikan untuk menggunakan minyak yang bisa menahan panas dan berfungsi ganda sebagai zat penyedap. Dua pilihan terbaik adalah minyak wijen yang akan memberi tahu rasa yang khas, dan minyak kelapa, yang menghasilkan rasa manis yang halus.

6. Gunakan banyak bumbu

Yang tak kalah penting dari tepung maizena adalah garam. Jangan pelit menggunakan garam saat memasak tahu agar cita rasanya kian gurih dan lezat. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya