Tips Pilih Lele Segar Tanpa Bau Lumpur

Pekerja memanen ikan lele hasil budidaya di Tegalrejo, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Ikan lele, cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi teksturnya yang lembut bisa diolah dalam beragam menu, membuat ikan air tawar ini menjadi hidangan yang banyak digemari.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain rasa dan harganya yang terbilang murah, ikan ini juga diketahui memiliki kandungan gizi yang baik dan rendah kalori. Ikan lele juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6 dan sumber protein serta sumber vitamin  B12 yang baik serta rendah merkuri lantaran ikan ini dibudidayakan di air tawar.

Meski menjadi primadona, memasak ikan lele ternyata susah-susah gampang. Mulai dari memilih ikan lele, hingga mengolahnya tanpa bau tanah dan mematikannya butuh keahlian khusus.

Firaun Memuja Ikan Lele

Berikut ini, beberapa tips yang dirangkum VIVA untuk memilih hingga mengolah ikan lele dari chef internal Ichiban Sushi, Chef Herdian.

Ia memberikan tips, membuat hidangan ikan lele yang lezat tanpa ribet dan bau tanah.

Ketua DPRD Jambi Serahkan Puluhan Ribu Bibit Ikan Lele ke Pokdakan Berlian 79

1. Memilih lele segar

Menurut Chef Herdian untuk memilih ikan lele lebih mudah dibandingkan ikan lainnya. Jika memilih ikan kualitas baik pada umumnya bisa dilihat dari kondisi matanya. Untuk ikan lele yang baik dan segar kata dia, pilihlah ikan lele yang masih hidup. Dia menjelaskan ikan lele yang masih hidup itu fresh dan masih memiliki rasa manis.

2. Cara mematikan

Salah satu yang sering menjadi kendala ketika membeli ikan lele adalah saat mematikan dan membersihkannya. Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mematikan ikan lele adalah dengan memukul bagian kepala ikan lele. Namun, cara tersebut ada yang tidak berhasil. Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan kata Chef Herdian adalah menusuk bagian mata ikan lele kemudian iris bagian samping.

3. Menghilangkan bau tanah

Salah satu kendala yang sering ditemui ketika mengolah ikan lele adalah bau tanah yang masih terasa walau sudah dimasak. Lalu adakah cara untuk menghilangkan bau lumpur tersebut? Chef Herdian menyebut, bagi orang Jepang untuk menghilangkan bau tanah itu bisa diminimalisir dengan cara diberi cuka, sake, jahe dan jeruk nipis. Tapi untuk masyarakat Indonesia bisa meminimalisir bau tanah pada ikan lele dengan merendam ikan lele pada cairan cuka sebentar kemudian cuci dengan air bersih. Atau, bisa gunakan jeruk nipis dan jahe.(nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya