Tips Memasak Steak Selezat Restoran

Steak setengah matang.
Sumber :
  • Pixabay/TheAndrasBarta

VIVA – Bukan perkara mudah membuat sajian mewah ala chef restoran bintang lima ke dalam rumah Anda. Salah satunya menghadirkan menu steak yang juicy dan lezat seperti di restoran untuk orang-orang terkasih. 

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Menurut Executive Chef Bhadranaya Group Wiku Wibowo, untuk membuat steak yang empuk, hal utama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan daging.

"Biasanya yang harus diperhatikan itu kualitas daging. Sebab, kualitas daging itu sangat menentukan sajian menu steak yang baik," kata Wiku yang dijumpai di sela-sela pembukaan outlet terbaru The Real Holysteak di Plaza Blok M, Jakarta, Selasa 9 Juli 2019.

Daftar Harga Pangan 22 Maret 2024: Bawang Putih hingga Gula Naik

Wiku mengatakan, ada dua jenis daging yang baik digunakan untuk mengolah steak, yakni wagyu dan nonwagyu. 

"Jika ingin mendapatkan yang berkualitas, kita harus membeli daging yang wagyu pastinya, dan itu daging juga memiliki jenisnya lagi, yaitu prime dan secondary cut," terangnya. 

Daftar Harga Pangan 19 Maret 2024: Beras hingga Cabai Kompak Naik

Wagyu prime cut meliputi sirloin, tenderloin, dan rib eye. Ketiga potongan daging sapi ini paling banyak digunakan dan dicari dalam olahan steak.

"Kalau yang secondary cut itu seperti shank, knuckle, brisket, top side back ribs, dan lidah," kata Wiku.

Wiku menambahkan, untuk membuat steak yang baik juga harus dipilih daging segar. Tidak perlu mencampurkan berbagai jenis bumbu dapur untuk mendapatakan cita rasa steak yang lezat.

"Dan untuk proses masaknya itu, daging steak tidak perlu di berikan bumbu yang aneh-aneh. Kalau kita memiliki kualitas daging yang baik, cukup menggunakan garam dan lada saja. Nanti tinggal dipadukan dengan saus, tergantung selera seperti blackpepper,  mushroom dan lainnya sesuai selera," imbuhnya. 

Memasak daging steak tidak perlu waktu panjang. Biasanya, steak dimasak dalam beberapa tingkatan. 

"Kita harus tahu jelas suhunya berapa. Itu yang akan menentukan tingkat kematangannya. Ada yang rare, medium rare, medium, medium well dan well done," jelas Wiku. 

Ada baiknya saat memasak daging steak, Anda juga memperhatikan ketebalan daging. Wiku menjelaskan, daging yang tebal biasanya memiliki berat 200 gram ke atas. Sedangkan daging tipis memiliki berat 100-150 gram dan lama memasaknya hanya 2-3 menit saja. Jika ingin memasak dengan tingkat kematangan rare, daging di masak tidak sampai satu menit. Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah pastikan pan memasak Anda panas secara merata sebelum daging dimasak.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya