Cara Membersihkan Sutil Kayu agar Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi alat masak.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

VIVA – Sutil kayu merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki setiap ibu rumah tangga. Hal ini lantaran sutil kayu yang umumnya digunakan bersamaan dengan wajan antilengket ini tidak akan merusak permukaan teflon saat mengaduk saus yang panas, menggoreng dan lainnya.

Deretan Alat Masak Ekslusif Hadir di Bulan Ramadhan 2024

Selain itu, Anda tidak akan perlu khawatir gagang sutil menjadi panas. Sutil kayu juga bisa untuk mencampur makanan dan aman untuk makanan panggang.

Selain itu, sutil kayu diketahui dapat digunakan selama bertahun-tahun lamanya. Namun, dengan perawatan yang tepat terutama saat mencucinya. Berikut cara membersihkan sutil kayu seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, Jumat, 26 Juli 2019.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

1. Cuci dengan tangan

Setelah Anda selesai memasak, cuci sutil kayu dengan air sabun hangat untuk mencegah noda.  Tepuk-tepuk sutil dengan handuk, lalu biarkan hingga benar-benar kering sebelum menyimpannya.  

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Jangan biarkan sutil terlalu lama direndam di dalam air karena kayu akan menyerap air. Ini akan membuatnya mudah patah. Jangan pula masukkan sutil ke dalam mesin pencuci piring. Sebab, uap dan proses pengeringan pada mesin pencuci piring dapat mematahkan kayu.

2. Gosok noda

Jika terdapat noda pada sutil dan air sabun tidak bisa membersihkannya, tuangkan garam pada sutil dan gosok dengan lemon. Ini tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, tetapi juga akan membuat sutil terlihat seperti baru. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Jika masih bau, campur soda kue dan air, lalu gosok sutil menggunakan lemon dan campuran soda kue serta air. Soda kue sangat bagus untuk menetralkan asam organik. Ingat, jika sutil memiliki noda, bukan berarti ia kotor. Bahkan noda membandel seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

3. Amplas

Jika dua cara di atas gagal, gunakan amplas untuk menggosok lapisan kayu yang kotor dengan ringan. Namun, setelah itu, Anda harus memperbarui kembali sutil sebelum menggunakannya lagi. Untuk itu, panaskan oven Anda hingga 176 derajat celsius.

Bersihkan sutil dengan minyak netral, seperti minyak biji anggur dan masukkan ke dalam oven selama dua hingga tiga menit, namun jangan gunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk ini. Menggunakan minyak secara berkala merupakan ide yang baik untuk membantu sutil atau alat masak kayu lainnya awet dan tahan lebih lama. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya