RESEP: Ayam Goreng Korea dengan Saus Kental Pedas Manis

Ayam Goreng Korea
Sumber :
  • instagram daebakchickeng

VIVA – Kenikmatan ayam goreng memang tiada duanya. Apalagi kini, semakin banyak kreasi ayam goreng yang lebih menggugah selera. Termasuk, Ayam Goreng ala Korea.

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Beberapa tahun belakangan, jajanan Ayam Goreng ala Korea ini begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya restoran terkenal yang menyuguhkan ayam goreng ala Korea di pusat perbelanjaan.

Soal rasa dan tekstur, ayam goreng ini terbilang berbeda dibandingkan dengan ayam goreng ala Barat. Meski sama-sama dibalut tepung renyah, ayam goreng ala Korea memiliki lapisan kulit tepung yang lebih tipis dengan rasa bumbu yang lebih pekat. Serta aneka saus pelapis seperti pedas manis.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Tekstur crunchy ini didapatkan dari penggunaan tepung dan proses penggorengan. Ayam goreng ala Korea biasanya menggunakan tepung yang terdiri dari campuran tepung terigu, tepung jagung dan tepung beras. Ayamnya juga melalui proses penggorengan dua kali, inilah yang membuat ayam goreng ala Korea punya sensasi rasa tersendiri.

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Saking populernya ayam goreng ini, tidak sedikit dari kita yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Nah, kini Anda bisa mencoba membuat ayam goreng ala Korea di rumah dengan resep berikut seperti yang dikutip dari laman Asiaone.

Ayam Goreng Korea

Bahan untuk saus

- 1 sdt jahe cincang
- 4 siung bawang putih, cincang
- 2 sdm kecap asin
- 3-4 sdm cuka
- 2 1/2 sdm gojuchang
- 1/4 gelas madu
- 2 sdm gula merah
- 2 sdm minyak wijen
- 3 sdm saus tomat

Bahan untuk ayam

- 8 sayap ayam, potong drum dan sayap tengah
- 1 sdt jahe parut
- garam laut secukupnya
- lada hitam kasar secukupnya
- 1/2 cangkir tepung kentang
- 1/4 sdt baking powder

Garnish:
- 1 sdt biji wijen panggang
- daun bawang, untuk hiasan

Cara membuat saus:

Dalam wajan, campur semua bahan saus dan masak sampai mendidih. Masak dengan api kecil dan didihkan sampai saus mengental. Jika sudah mengental, angkat dan sisihkan.

Cara memasak ayam:

1. Bersihkan ayam kemudian keringkan. Setelah itu rendam ayam dengan garam, merica, dan jahe.

2. Dalam mangkuk lain, taruh tepung kentang. Masukkan ayam satu per satu ke dalam tepung dan lapisi sampai merata lalu tepuk-tepuk ayam

3. Dalam wajan penggorengan besar, panaskan minyak secukupnya untuk merendam potongan ayam. Ketika minyak cukup panas, masukkan potongan ayam. Jangan membuat panci terlalu penuh karena akan menyebabkan suhu turun.

4. Goreng ayam selama 5 hingga 6 menit, balikkan potongan ayam untuk memastikannya tidak matang di satu sisi.  Kemudian angkat ayam dari kompor

5. Gunakan skimmer untuk menghilangkan sedikit tepung yang mungkin telah menggenang di bagian bawah wajan. Panaskan minyak lagi, lalu masukkan potongan ayam lagi dan goreng selama 1 hingga 2 menit

6. Panaskan kembali saus kemudian lapisi ayam yang telah digoreng dengan saus. Taburkan biji wijen di atas ayam dan tambahkan dengan daun bawang.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya