#JKWKuliner, Konten YouTube Jokowi yang Isinya Makan-makan

Soto Gading Solo.
Sumber :
  • YouTube Presiden Joko Widodo

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah lama punya channel YouTube. Isinya tak hanya kegiatannya sebagai Presiden saja, melainkan juga aktivitasnya sehari-hari, di sela-sela tugasnya sebagai kepala negara.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Jokowi selama ini terkenal akan kesederhanaannya, termasuk dalam hal makan. Meski menjabat sebagai orang nomor satu di Tanah Air, kalau soal makan, Jokowi pilih kuliner tradisional khas Nusantara. Ia bahkan sering berkunjung ke restoran, kedai bahkan warung makan pinggir jalan untuk menikmati kuliner favoritnya.

Untuk berbagi sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia, Jokowi pun mengunggah episode pertama video bertagar #JKWKULINER yang isinya tentang sejumlah tempat makan kesukaannya. Solo, yang menjadi kampung halaman Jokowi pun menjadi kota pertama yang dibuatkan video kuliner ini.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Dalam video yang diberi judul #JKWKULINER Makan-makan di Solo (Episode 1) itu, salah satu kerabat presiden, Haryanto menjelaskan, kegiatan yang dilakukan Jokowi dan sang istri, Iriana Joko Widodo ketika mengunjungi Solo.

“Biasanya bapak pulang tuh karena kangen Kota Solo. Ada sesuatu yang membuat bapak pasti ingin pulang sama ibu. Salah satu kegiatannya kalau bapak pulang ke Solo ya menikmati kuliner Solo asli. Yang jelas Soto Triwindu dan Ayam Goreng Mbah Karto dan kemudian Soto Gading,” kata Haryanto.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Ia pun tidak mengetahui alasan pasti mengapa Jokowi menyukai ketiga kuliner tersebut. Menurutnya, alasan kakek dari Jan Ethes ini menyukai ketiganya mungkin karena cita rasa makanan tersebut.

“Alasan yang pasti saya enggak tahu, bapak ingin ke sana, gitu aja. Mungkin di situ ada soto, mungkin makan di situ mungkin merasa enak, terus, wah besok ke situ lagi,” kata dia.

Di video tersebut, ada pula sejumlah wawancara pemilik restoran yang sering dikunjungi Jokowi. Rata-rata mereka mengaku bahwa restoran mereka menjadi lebih ramai pengunjung setelah didatangi Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya