Bikin Kue Makin Praktis Pakai Puree Buah-buahan

Pastry dengan puree buah-buahan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Buah-buahan tak hanya bisa diolah menjadi minuman segar, jus, atau keripik buah. Melainkan, bisa juga menjadi bahan baku pembuatan aneka kue.

Lezatnya Menikmati Pastry Autentik Prancis di Monsieur Spoon

Cara pembuatannya pun sangat mudah, sama seperti membuat cake atau kue pada umumnya. Langkah awalnya, kamu mesti membuat adonan kemudian menambahkan buah-buahan yang diinginkan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, para pastry chef tidak hanya mengandalkan buah utuh untuk menambahkan cita rasa buah dalam cake atau kuenya. Tapi, menggunakan puree buah atau buah yang dilembutkan. 

Dampak Buruk Anak Terlalu Sering Konsumsi Puree

Brand Executive Boiron Livia mengatakan, penggunaan puree buah membantu atau memudahkan seseorang dalam preparasi pembuatan kue dan makanan. Terlebih dalam manajemen waktu karena tidak perlu mengupas buah lagi.

“Apabila kita mau membuat kue atau makanan yang membutuhkan bahan dasarnya buah, puree buah memberikan solusi untuk preparasinya. Buah tidak perlu untuk dikupas atau dilembutkan. Ini solusi untuk mempersingkat waktu,” kata dia kepada saat dijumpai dalam acara acara Boiron Demonstration bersama Chef Julien Perrinet di Heavenly Sweet Academy Cideng, Jakarta Pusat, belum lama ini. 

Tips Simpan Roti Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Bukan hanya itu saja, penggunaan puree buah juga banyak diandalkan karena konsistensinya.

“Misalnya, mangga kadang ada, kadang enggak, kadang manis, kadang asam, tamu ketika disuguhkan kue atau makanan dari mangga hari ini manis, besok bisa asam. Kalau puree ini konsisten rasanya dan lebih segar. Ketersediaannya juga sepanjang tahun tidak terpengaruh musim,” kata dia.

Soal penggunaan puree buah dalam penggunaan kue atau pastry ini tergantung dari jenis kue apa yang ingin dibuat. Salah satu produsen dan distributor susu, Diamond meluncurkan Les Vergers Boiron, frozen fruit puree buah asal Prancis. 

Beberapa variannya antara lain Blackberry, Morello Cherry, Blueberry, Strawberry, Raspberry, Blackcurrant, Figue Fig 100 persen, Apricot, Melon, Green Apple, White Peach, Mango 100 persen, Passion Fruit 100 persen  Lychee, Kiwi 100 persen, Banana 100 persen, Coconut, Guava, Pineapple 100 persen, Kalamasi 100 persen, Lemon Concentrate, Lime 100 persen, Lemon 100 persen, Yuzu 100 persen, Bloos Orange 100 persen. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya