Penting, Begini Cara Bedakan Tepung yang Diputihkan dan Tidak

Ilustrasi tepung beras.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tepung merupakan makanan pokok yang menjadi bahan dasar untuk banyak makanan. Ada banyak jenis tepung yang tersedia di pasaran.

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

Tapi sebagian besar, hanya ada dua jenis tepung, yaitu yang diputihkan dan yang tidak, yang tentunya dapat memberikan efek berbeda pada tekstur dan rasa hidangan Anda.

Ya, keduanya sekilas memang tampak mirip. Baik yang sudah diputihkan dan yang tidak, keduanya sama-sama berwarna putih. Namun, keduanya tetap dua bahan yang berbeda.

Ternyata Bukan Nasi, Ahli Gizi Ungkap Makanan yang Bikin Berat Badan Naik Drastis

Dilansir dari Times of India, berikut cara membedakan tepung yang diputihkan dan yang tidak.

Pengolahan

Zaidul Akbar Ungkap Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Selama Puasa Ramadhan

Tepung yang diputihkan telah diberi zat pemutih seperti benzoil peroksida. Sedangkan yang tidak diputihkan belum mengalami proses pemutihan dan tidak mengandung bahan pengawet kimia.

Kandungan Nutrisi

Nilai gizi tepung yang diputihkan dan yang tidak hampir sama. Kedua jenis tepung ini mengandung jumlah kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan serat yang sama per cangkir. Namun, proses pemutihan dapat menurunkan kandungan vitamin E, sedangkan tepung yang tidak diputihkan mengandung 2 persen nutrisi dari nilai harian per cangkir.

Penampilan

Tepung yang diputihkan memiliki warna putih cerah, butirannya lebih halus dan tekstur lebih lembut. Sedangkan yang tidak diputihkan, teksturnya lebih padat dan kasar, serta warnanya lebih alami.

Penggunaan

Tepung yang diputihkan paling baik digunakan untuk quick bread atau roti yang dibuat dalam waktu singkat, kulit pie, pancake, dan waffle karena memiliki butiran yang lebih halus serta menyerap lebih banyak cairan. Sedangkan tepung yang tidak diputihkan, digunakan untuk roti ragi, puff pastry, kue sus, krim puff, dan popover.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya