Lima Olahan Daging Saat Idul Adha Patut Dicoba

Sate kambing.
Sumber :
  • Cookpad/Erni Puspaningrum

VIVA – Hari ini umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Seperti Idul Fitri, tentu akan ada hidangan spesial yang disuguhkan. Jika hari Raya Idul Fitri lebih identik dengan olahan opor ayam dan sambal goreng kentang. Pada perayaan Idul Adha, suguhan lebih banyak didominasi oleh olahan daging kambing dan daging sapi.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Berbagai olahan seperti kari kambing, nasi kebuli, hingga nasi briyani. Tetapi dari banyak olahan daging, saat Idul Adha masyarakat Indonesia memiliki setidaknya lima olahan daging kambing yang khas.

Lalu jenis olahan daging kambing apa saja yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Berikut ini rangkuman olahan daging kambing yang populer di masyarakat Indonesia.

1. Sate kambing

Sate menjadi salah satu olahan daging kambing yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terutama ketika hari raya Idul Adha hampir di setiap rumah pasti akan membuat sate kambing bersama sanak saudara. Berbeda dengan sate ayam, sate kambing akan disajikan dengan bumbu kecap yang ditambahkan dengan irisan cabai, irisan bawang merah dan irisan tomat serta perasan jeruk limau.

2. Tongseng kambing

Tongseng menjadi salah satu olahan daging kambing yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tongseng terdiri dari daging kambing yang digoreng dengan kecap kemudian disiram dengan kuah gulai dan dimasak bersamaan dengan tomat, kol, irisan cabai dan campuran berbagai bumbu.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Untuk tongseng sendiri memiliki tekstur kuah yang pekat berwarna kuning kecoklatan dan kuat dengan rempah yang gurih dan segar.

3. Nasi goreng kambing

Makanan ini sering kita jumpai baik di pinggir jalan hingga restoran kelas atas. Olahan ini berupa nasi yang digoreng dengan taburan bumbu dan ditambahkan dengan potongan daging kambing. Daging kambing yang ditambahkan pada proses pembuatan nasi goreng merupakan potongan daging yang sudah direbus dan dibumbui.

4. Sop kambing

Sop kambing juga masuk dalam daftar olahan kambing yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sama seperti sop pada umumnya, sop kambing juga terdiri dari berbagai sayuran seperti wortel, kentang, hingga buncis dan ditambahkan dengan potongan daging kambing. Untuk penyajiannya pun terdapat dua versi ada yang menggunakan kuah bening ada juga yang menggunakan kuah santan.

5. Gulai kambing

Gulai kambing ini merupakan olahan daging kambing yang diolah bersama dengan santan dan rempah-rempah lainnya sehingga menjadi sangat lezat dan aromanya juga harum. (ren)

Beef shawarma wrap.

5 Olahan Daging Kambing ala Timur Tengah, Insipirasi Menu Idul Adha

Mulai dari shawarma hingga nasi kebuli.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2020