Udah Niat Puasa Senin Kamis? Nih Menu Buka Puasa yang Enak dan Praktis

Es Oyen, Yogyakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam agama Islam, ada beberapa puasa sunnah yang bisa dijalankan, salah satunya adalah puasa di hari Senin dan Kamis. Bagi sebagian orang niat puasa Senin Kamis itu cukup menjadi tantangan, apalagi di tengah aktivitas.

Pentol Ayam Kriwil ala Chef Devina Hermawan: Takjil Buka Puasa yang Gurih dan Mudah Dibuat

Meski demikian, waktu berbuka adalah yang paling ditunggu. Nah, Biar praktis berikut ini lima menu buka puasa yang enggak hanya sehat tapi gampang juga cara bikinnya.

Air hangat dan kurma

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Supaya tubuh kamu tidak kaget, sangat disarankan untuk minum air hangat terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kemudian, dilanjutkan dengan makan yang manis-manis. Arti manis di sini adalah pilihlah makanan yang mengandung manis alami. Nah, kurma bisa jadi pilihan yang tepat.

Es teh lemon sereh

Aneka Resep Kolang kaling Segar Cocok untuk Menu Buka Puasa

Nah, kalau ingin minum yang segar-segar, es teh lemon sereh bisa jadi pilihan. Untuk membuatnya, kamu cukup siapkan:

2 batang sereh
1 teh celup
Lemon (bisa diganti jeruk nipis)
Gula

Cara membuat

Pertama, panaskan air, masukkan sereh yang sudah dicuci dan geprek. Setelah harum, masukkan teh celup dan tambahkan gula sesuai selera. Setelah mendidih, matikan api diamkan sampai benar-benar dingin. Kemudian, siapkan gelas saji. Masukkan es batu, ambil rebusan teh tuangkan dan masukkan jeruk nipis atau lemon yang sudah diiris dan agak diperas. Tambah satu batang sereh untuk mempercantik.

Es oyen

Setelah berpuasa seharian, es oyen ini bisa memuaskan rasa dahaga kamu. Selain segar, es oyen juga penuh dengan buah-buahan yang pastinya menyehatkan. Bikinnya juga enggak terlalu ribet.

1 buah naga merah
1 cempedak ukuran kecil
1 buah nanas ukuran kecil
1 buah alpukat
1 buah kelapa muda
Jagung rebus secukupnya
Es batu secukupnya
Susu kental manis

Cara membuatnya, potong kecil semua buah. Lalu, campur susu dengan es batu tanpa menambahkan air. Es Oyen siap disantap.   

Vegetables salad mayo

Bukan hanya lezat dan segar, vegetables salad mayo juga bisa jadi pilihan sehat buat buka puasa kamu. Mudah lagi membuatnya.

4 lembar letuce
2 buah kentang
1 jagung lalu disisir
3 sdm makaroni
2 sdm edamame
Beberapa buah tomat cherry
Mayonnaise secukupnya

Pertama, cuci bersih semua bahan, potong-potong letuce dan siapkan bahan lainnya. Kemudian, cuci bersih kentang, potong kecil-kecil lalu rebus. Rebus semua bahan, pertama kentang dulu. 

Bila sudah setengah matang, masukkan makaroni, bila sudah melunak, masukkan edamame dan jagung. Masak hingga semua matang. Angkat dan tiriskan. Beri mayones lalu aduk rata dan masukkan letuce, aduk bersamaan. Taruh dalam piring saji, beri beberapa tomat cherry dan siap dihidangkan.

Sup ayam kentang

Buat menambah menu makan malam, sup ayam kentang bisa jadi pelengkap yang lezat dan menyehatkan. Bahan-bahan yang diperlukan:

2 buah kentang potong dadu
2 buah wortel potong dadu
250 gram ayam
1 buah tomat potong-potong
1 batang daun sop
Garam sesuai selera
1 liter air

Masak air dipanci hingga mendidih, kemudian masukkan ayam, rebus hingga matang. Masukkan kentang serta wortel dimasak hingga empuk. Lalu, tambahkan tomat dan garam sesuai selera, aduk hingga rata. Terakhir, masukkan daun sop. Sup ayam kentang siap disajikan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya