Tips Bikin Bailey Coffee Non Alkohol yang Digandrungi Milenial

Kopi Bailey Pelipur Lara
Sumber :
  • Kopi Pelipur Lara

VIVA – Belakangan ini kopi makin digemari saja. Boothnya banyak bertebaran di mana-mana menawarkan sajian es kopi kekinian dengan aneka topping.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Salah satunya yang mencuri perhatian adalah kopi Bailey. Yup, Bailey itu adalah nama salah satu minuman beralkohol dengan kandungan 17 persen. Bailey ini dibuat dari Wiski Irlandia, nah kopi Bailey itu merupakan perbaduan dari kopi dan minuman bailey.

Dilansir laman Eugina Kitchen, kopi Bailey merupakan kopi yang dicampur dengan alkohol, juga disajikan dengan gula dan krim. Dengan berbagai variant, kopi yang berasal dari Irlandia ini dikenal dengan sebutan Irish Coffee, dan terkenal dari Galicia hingga Spanyol. Belakangan, Irish Coffee disajikan dengan alkohol merek bailey, sehingga banyak dikenal dengan bailey coffee.

Beda Sikap Ria Ricis dan Teuku Ryan Memperlakukan Orang Tua, Pantesan Susah Rujuk

Tapi, tenang saja, untuk kopi bailey yang dijual di Indonesia biasanya disajikan tanpa alkohol sama sekali, cuma rasanya saja seperti Bailey karena ditambahkan cream bailey non alkohol. 

Penyajiannya pun sama dengan kopi pada umumnya. "Saya pakai long coffee, kamu bisa tambahkan 60ml espresso dengan 2/3 cup air mendidih. Lalu tinggal tambahkan 2 sendok makan krim bailey," ucap Eugine dalam lamannya.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Kopi Pelipur Lara

Salah satu kedai kopi yang menyajikan kopi bailey yaitu Pelipur lara Coffee, ownernya yang juga founder kedai ini bilang kalau biji kopi yang digunakan ngaruh banget ke kualitas rasa kopi, apalagi kopi yang disajikan dengan rasa bailey.

"House blend biji kopi Pelipur lara merupakan campuran 80 persen Arabica dan 20 persen Robusta dari beberapa wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia, sehingga menghasilkan kopi dengan aroma yang kuat, strong body, aftertaste yang unik," ujar Aina, founder dan owner Pelipur Lara Coffee beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, kopi yang disajikan juga low acid yang aman bagi penderita maag.

"Low acid sehingga cocok bagi penderita maag, yang ingin tetap menikmati kopi."

Uniknya, kedai kopi Aina juga mengusung konsep ramah lingkungan. Ia mengklaim kedainya jadi salah satu kedai kopi tanpa sedotan plastik pertama di Indonesia.

"Gelas yang kami gunakan itu juga biodegradeable, bisa didaur ulang."

Selain Baileys Coffee yang halal dan non alkohol, kedainya juga menyediakan Coconut coffee, Avocado Coffee, Banana Coffee, Americano, Coffee Latte, hingga sesimple Kopi Susu. 

Dengan harga ramah kantong, Rp15-25 ribu saja, kopi ini sudah ada di lebih dari 20 outlet di beberapa kota besar di Indonesia. "Apalagi sekarang makin mudah karena aplikasi delivery makanan dengan layanan Go Kitchen dan Grab Kitchen. Kami juga tawarkan kemitraan bisnis kopi kekinian ini," ujarnya. (ldp)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya