Cicip Sayur Ares dari Batang Pisang Khas Lombok yang Menggoda

Sayur Ares khas Lombok
Sumber :
  • Viva.co.id/Isra Berlian

VIVA – Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitu kayanya Indonesia dengan suku bangsa membuat tanah air kita dilimpahi dengan beragam kuliner.

Cerita Unik di Balik Ayam Merangkat, Kuliner Khas Lombok

Jika Anda bertandang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah setempat. Bukan hanya ayam taliwang saja, makanan khas yang wajib dicoba adalah sayur ares. 

Yang menjadikan masakan khas suku Sasak ini begitu spesial adalah penggunaan inti batang pisang sebagai bahan baku utama sayuran ini. 

IHSG Anjlok 2 Persen Lebih Imbas Iran Serang Israel? Direktur BEI Buka Suara

Sabtu 17 Agustus 2019 kemarin, VIVA.co.id bersama dengan rombongan PT Fast Food Indonesia (KFC Indonesia) bersama 1000 guru dan Diving Clean Action disuguhkan dengan sajian sayur ini saat bertandang ke SDN 01 Gondang di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. 

Sayuran ini disajikan pihak sekolah saat pelaksanaan upacara 17 Agustus kemarin. 

Korban Tewas Mudik Lebaran 2024 Berkurang dari Tahun Lalu, Jumlahnya 429 Orang

Bingung enggak sih gimana rasanya inti batang pisang dijadikan sebagai sayur? Mungkin pikiran kita bakalan mengarah kepada rasa pahit dan tekstur keras saat mengunyah sajian tersebut. 

Tetapi itu enggak terjadi loh. Inti batang pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan tentu saja gurih dan manis dari kuah sayur ini. Yurningsih, salah satu guru di SDN Gondang bersama dengan guru-guru lainnya mengolah inti batang pisang ini tidaklah direbus terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur lembut. 

Untuk mendapatkan tekstur lembut ini Yurningsih menjelaskan inti batang pisang ini dipotong kemudian diberi garam dan ditekan-tekan hingga air di dalam inti batang pisang tersebut keluar. Setelah itu ares ini dimasak bersama dengan rempah-rempah khas Lombok.

Beberapa bumbu rempah-rempah itu antara lain Jahe, lengkuas, kunyit, kencur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah kering. Selain itu ada juga, kemiri, pala, kapulaga, adas manis, jinten sidowayah, pala, keruju, pala bua, kayu manis dan kayu putih. 

Bumbu tersebut kemudian dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam wadah dan dimasak bersamaan dengan inti batang pisang tersebut. Tidak lupa ditambahkan dengan santan  yang dicampurkan garam, terasi, dan gula untuk menciptakan rasa gurih dan tekstur kental pada kuah. 

Kalau ditanya seperti apa rasa dari sayur ares ini, hampir mirip dengan sayur lodeh. Sajian ini semakin lezat jika ditambahkan dengan sambal beberuk khas Lombok. Sambal ini terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, tomat yang masih segar dan potongan jeruk limau. (nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya