Tanggal Tua, Nih 5 Menu Sarapan Murah di Bawah Rp15 Ribu

Nasi uduk menjadi salah satu menu sarapan murah yang mengenyangkan di tanggal tua.
Sumber :
  • Instagram @dapursicongok

VIVA – Sarapan memiliki peran penting dalam kesehatan Kamu sehari-hari. Menurut para ahli, sarapan memberikan 20 persen energi harian bagi tubuh. Sarapan juga memengaruhi kesehatan metabolisme tubuh, lho.

Sarapan Karbohidrat Olahan Bikin Wajahmu Terlihat Tua? Ini Kata Studi Terbaru!

Namun, biasanya kalau di tanggal tua seperti ini, terutama anak kost-an, bingung untuk sarapan apa. Mengingat persediaan uang yang semakin sedikit di akhir bulan.

Tetapi jangan sampai ini menjadikan alasan Kamu untuk enggak sarapan ya. Untuk itu, penting mencari makanan yang murah meriah dan sehat, berikut ini lima ide menu sarapan murah meriah yang bisa dijadikan referensi sarapan Kamu, dirangkum dari berbagai sumber.

Terpopuler: Taurus Dilema hingga Sarapan Bisa Dukung Prestasi Akademik

Lontong isi

Kalau mau menghemat uang untuk sarapan, namun tetap sehat dan kenyang, mungkin bisa memilih lontong isi sayuran atau oncom. Dua atau tiga buah lontong isi bisa menjadi pilihan sarapan minimalis Kamu, namun tetap kenyang dan hemat. Satu lontong isi umumnya dihargai Rp2 ribu. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual lontong isi di setiap sudut jalan ibu kota.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Bubur kacang hijau

Ada lagi nih menu sarapan yang murah meriah, sehat dan mengenyangkan, yaitu bubur kacang hijau. Kacang hijau adalah sumber makanan yang sangat bernutrisi sekaligus mengenyangkan. Belum lagi rasanya yang gurih dan manis. Untuk seporsi bubur kacang hijau biasanya dihargai kurang lebih Rp7 ribu.

Roti

Roti bisa jadi salah satu alternatif pilihan Kamu. Roti bisa jadi sumber energi sebelum memulai aktivitas. Kamu bisa menemukan penjual roti di banyak tempat. Harganya pun bervariasi, dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribuan. Pilih roti dengan isian favoritmu ya, biar semakin semangat beraktivitas.

Roti.

Nasi uduk

Nah, yang satu ini menu sarapan favorit orang Jakarta nih. Saking populernya, Kamu bisa menemukan nasi uduk di berbagai sudut Ibu Kota. Seporsi nasi uduk dengan dua jenis gorengan dibanderol seharga Rp7 hingga Rp8 ribu. Jika dengan tambahan telur balado harganya bisa mencapai Rp10 ribu.

Telur

Yang mungkin mau sarapan lebih murah lagi, bisa juga kok. Caranya dengan mengolah makanan yang ada di dapur, seperti telur. Satu kilogram telur ayam saat ini harganya sekitar Rp22 ribu di pasaran. Umumnya satu kilogram berisi 16 sampai 18 butir telur atau setara Rp 1.300an per butir. Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai menu, mulai dari telur rebus, omelet, telur orak arik dan masih banyak lagi.

Telur rebus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya