Tips Masak Cumi Agar Tidak Amis dan Alot

Cumi panggang Lei Lo Restauran
Sumber :
  • Viva.co.id/Isra Berlian

VIVA – Cumi merupakan salah satu makanan laut yang cukup digemari. Cumi pun bisa diolah dengan berbagai jenis mulai dari cumi pedas manis, cumi saus padang, atau hanya cumi goreng tepung.

6 Resep Cumi Saus Tiram yang Gurih dalam Berbagai Versi

Wah semuanya hidangan enak, tapi untuk mengolah cumi bukan perkara yang mudah. Mengolah cumi pun bisa dibilang susah-susah gampang. 

Sebab cumi harus dimasak dengan tepat agar hasilnya sempurna. Cumi memiliki tekstur sangat kenyal, sehingga dibutuhkan cara memasak yang tepat agar bisa disantap dengan nikmat. Jika diolah terlalu matang, cumi akan alot. 

Cumi Raksasa Bermata Besar Terdampar di Pantai Bikin Geger

Namun, jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya akan sangat terasa. Meski begitu, tidak perlu khawatir sebab Head Chef Li Lou Restauran, Jodie Adrianto pun memberikan tips mengolah cumi agar tidak alot dan amis. 

Pertama kata dia, cara agar tekstur cumi tetap chewy dan tidak alot adalah dengan menggunakan lemon dalam proses marinasi bersama dengan kecap asin selama 2 hingga 3 jam sebelum dimasak. Penggunaan lemon kata dia bisa membuat tekstur cumi tidak alot. 

4 Resep Cumi Saus Padang Paling Nikmat yang Menggugah Selera

"Lemon itu ada acid atau asam. Asam itu secara enggak langsung memasak si cumi itu, dan membuat teksturnya jadi tender," kata dia saat ditemui VIVA.co.id di Lei Lo Restauran Jakarta, Senin siang 26 Agustus 2019. 

Dia melanjutkan, penggunaan lemon juga membantu untuk menghilangkan aroma amis pada cumi. Selain itu, penggunaan lemon juga akan memberikan rasa fresh pada cumi. 

Jodie melanjutkan, penyebab cumi yang alot sampai susah dimakan, adalah dari proses pemasakan cumi yang kurang tepat. Jika ingin memasaknya kata dia bisa memilih dalam waktu singkat atau dalam waktu lama. Selain itu dia menyarankan untuk menggunakan api dengan suhu panas ketika mengolahnya. 

"Kalau cumi mentah mau diolah pilih mau masak sebentar banget bentar atau pilih masak lama. Karena cumi punya pori-pori, kalau dia dimasak di pan panas porinya akan merapat. Jaga jangan sampai menutup, biar enggak alot," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya