Berkunjung ke Kampung Laut Jambi, Wajib Coba Lezatnya Kepiting Bakau

Kepiting bakau.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA – Berwisata ke Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung, Jabung Timur, Jambi, tak lengkap tanpa menikmati seporsi kepiting bakau. Kepiting satu ini merupakan makanan khas daerah Kampung Laut yang tengah gencar dipromosikan setelah lokasi tersebut dijadikan tempat wisata.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Salah satu tempat yang menyajikan hidangan istimewa ini adalah B Cafe. Di sini, kepiting bakau disajikan dengan saus spesial.

Kasmiati, juru masak yang meracik bumbu kepiting bakau mengatakan bahwa ia sangat senang karena semakin hari semakin banyak wisatawan yang datang untuk menjajal kelezatan kepiting bakau. Menurutnya, memasak kepiting bakau juga tidak sulit.

Beri Asistensi ke UMKM, Bea Cukai Kendari Antar Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura

"Untuk masaknya, kepiting disiang, bumbu dihaluskan dengan cara diblender, dikasih air sedikit lalu ditutup dan biarkan kering selama 10 menit sampau matang,” ucapnya kepada VIVA, Selasa, 22 Oktober 2019.

Kasmiati mengatakan, bumbu yang ia pakai untuk memasak kepiting bakau antara lain, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, jahe, saus tomat, kecap manis, penyedap dan garam.

10 Kuliner Lokal Khas Thailand yang Harus Dicoba Sebelum Pulang ke Indonesia

"Itulah bumbu masakannya dan semua bumbu itu sekali blender semua, "ujarnya.

Guntur, pemilik B Cafe mengatakan, menuju ke Kampung Laut menggunakan mobil dari Jambi hanya memakan waktu dua setengah jam. Sedangkan jika naik motor hanya memakan waktu 2 Jam.

“Menikmati alam dan kuliner khas Kampung Laut tidak akan rugi dan pasti akan mau berkunjung kembali,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya