Asli Indonesia, Berikut Kreasi Hidangan Rasa Rendang Bikin Ngiler

McDonald's luncurkan Burger Rendang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Rendang, makanan khas Padang, Indonesia menjadi salah satu makanan daerah yang mendunia. Situs CNN bahkan menyebut bahwa rendang merupakan makanan terlezat nomor satu di dunia.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Rendang sendiri memiliki tekstur kering, tidak berkuah dan berwarna kecoklatan bahkan kehitaman dengan cita rasa gurih dan pedas. Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini biasanya disajikan pada hari-hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca Juga: Nangis, Bima Aryo Cerita Tentang Sparta yang Kejang Sebelum Mati

Rahasia Rendang Amboi! 5 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Pengolahan

Namun, seiring dengan berkembangnya industri kuliner di Indonesia. Membuat rendang pun juga memiliki banyak kreasi penyajiannya, sehingga tidak hanya disuguhkan sebagai daging rendang utuh saja. Tetapi juga, dihidangkan dalam berbagai kreasi. Berikut ini beberapa hidangan dari kreasi daging rendang.

Burger

Masak Rendang Anti Ribet! Chef Rudy Bongkar Trik Masak Rendang 20 Menit

Jika umumnya burger berisikan acar, sayur selada, tomat dan daging sapi panggang, namun sudah banyak juga yang menghadirkan rendang dalam bentuk burger. Ya, kini banyak dijual burger rendang. Burger ini masih menggunakan isian burger pada umumnya, namun hanya mengganti sapi panggang menjadi sapi dengan bumbu rendang. Burger rendang sendiri pertama kali dibuat oleh Burger King pada tahun 1987. Namun kini, burger rendang dapat kita temui di berbagai tempat.

Pizza rendang

Bukan hanya burger, pizza dengan rasa daging rendang juga menjadi salah satu olahan daging rendang kekinian yang mesti dicoba. Suiran daging rendang berbalut keju mozzarela tentu membuat lidah kamu bergoyang. Tekstur chewy daging rendang dan rasa gurih membuat kamu dijamin ketagihan.

Sushi Rendang

Jika sushi umumnya merupakan nasi yang digulung dengan beberapa sayuran seperti mentimun jepang, crab stick hingga alpukat. Beberapa tahun belakangan ini, sushi pun juga mengalami kreasi salah satunya adalah sushi rendang. Meski sudah Indonesia sekali tapi tetap loh sushi disajikan dengan wasabi dan soyu kecap.

Spaghetti rendang

Satu lagi masakan western yang bisa dikombinasikan dengan daging rendang. Seperti namanya, spaghetti rendang ini nantinya akan menggantikan saus bollognise dengan siraman saus rendang dan daging rendang tentunya.

Martabak rendang

Siapa bilang rendang hanya bisa dikreasikan dengan makanan western. Makanan dari Indonesia juga bisa dikreasikan dengan rendang loh, salah satunya adalah martabak. Martabak rendang sendiri merupakan martabak yang terdiri dari daging rendang sebagai isian dengan tambahan keju mozzarella. Salah satu rekomendasinya adalah martabak cheese smile di Surabaya.

Olahan mi

Kreasi rendang yang unik lainnya adalah mie rendang. Mie rendang sendiri umumnya terdiri dari mi dengan topping rendang di bagian atasnya. Salah satu olahan mie rendang yang bisa dicoba ada di simpang luwe restoran di Semarang. Di sini, ada menu mi tarik yakni mi tarik dengan sup ayam lezat dengan topping rendang yang endes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya