Resep: Gulai Kambing Gurih ala Pak Aris Solo di Kalimantan Barat

Sate dan Tongseng Kambing Pak Aris di Kalimantan.
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

VIVA – Kamu pecinta kuliner gulai kambing? Jika bertandang ke Kalimantan Barat, jangan lupa mampir ke Kedai Pak Aris Solo yang berada di Jl. Adisucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Yummy! Goyang Lidah dengan Sepiring Iga Gongso Kambing Khas Semarang

Saat dikunjungi VIVA, Aris berbagai resep cara membuat gulai kambing yang enak, gurih, dan lezat. Cara membuatnya juga mudah dan praktis, yang pertama, sediakan bahan-bahan dasarnya.

"Bahan dasar untuk membuat gulai kambing yaitu, daging kambing, usus, tulang, jeroan, sayur mayur, dan bumbu spesial, bawang goreng, daun salam, cengkeh, dan santan kelapa," kata Aris kepada VIVA pada Minggu, 10 November 2019.

Dijamin Enak, Gurih dan Empuk, Ini 5 Resep Bumbu Sate Kambing

Sate dan Tongseng Kambing Pak Aris di Kalimantan.

Aris melanjutkan, kalau daging kambing yang ia jual ada tongseng, gulai, dan harganya cukup murah. Satu porsi Rp20 ribu saja. Aris juga mengajarkan cara membuat gulai kambing yang praktis dan cepat.

Lezatnya Sate Kambing Ora Umum Hingga Ciri Orang yang Cepat Maju

Sate dan Tongseng Kambing Pak Aris di Kalimantan.

Cara membuat gulai kambing, panaskan minyak di wajan kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan serai dan daun salam, tumis hingga agak layu. Selanjutnya masukkan daging kambing. Tumis lagi sampai daging kambing terasa empuk. Setelah itu, tuang santan sambil diaduk. 

"Biarkan mendidih, tambahkan cengkeh, kapulaga, garam, dan gula. Aduk rata sampai bumbu meresap. Didihkan kembali kuah gulai lalu tunggu sampai daging kambing semakin empuk. Angkat dan sajikan di wadah lalu beri taburan bawang goreng," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya