Rahasia Lezat Masak dan Nikmati Lemang, Dicocol Sambal dan Rendang

Lemang Melayu
Sumber :
  • VIVA/ Ngadri/ Kalimanta Barat

VIVA – Panganan Lemang khas Melayu Pontianak, merupakan panganan yang berbahan dasar dari beras ketan atau pulut. Dimasak dengan cara dibakar menggunakan bambu yang di isi dengan kacang merah, lemang ini punya aroma dan cita rasa khas.

Sentra Rendang Bakal Jadi Ikon Wisata Kuliner Baru di Kota Padang

Proses memasak lemang dengan cara dibakar biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam, dengan posisi bambu di sejajarkan dalam beberapa ruas bambu yang sudah diisi beras ketan.

Ditemui VIVA, penjual lemang di Jl Sultan Hamid, Kecamatan Pontianak Timur, yakni Syarif mengatakan, bahwa membuat lemang memang tidak terlalu rumit. Bahan dasarnya beras ketan, santan, kacang merah, Masako, garam, daun pisang, bambu dan sambal.

Rayakan Tahun Pertama, Restoran Ini Hadirkan 50 Menu Lezat khas Nusantara

"Lemang lebih nikmat dimakan ketika masih hangat. Kebiasaan orang Pontianak kalau menyantap lemang dengan rendang dan sambal," kata Syarif kepada VIVA, Minggu, 10 November 2019.

Lemang Melayu

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Syarif mengajarkan cara membuat lemang yang enak, gurih dan tahan lama sebagai berikut. Garam dicampur secara merata ke dalam santan, lalu tuangkan ke dalam beras ketan. Adonan tidak boleh kebanyakan dan jangan sampai kekeringan pula. Masukkan adonan ke dalam tabung bambu yang sudah dilapisi oleh daun pisang muda.

"Tinggi adonan kira-kira sepanjang tabung dikurangi sekitar 6 cm dari permukaan tabung. Setelah itu, bakar tabung bambu yang sudah berisi adonan dengan cara menegakkannya pada sebuah sandaran. Sandaran diletakkan sedemikian rupa sehingga tabung mendapat panas dari sabut kelapa yang dibakar," ujarnya.

Selanjutnya, Pembakaran ini akan berlangsung kira-kira selama tiga jam. Bolak-balik posisi bambu sehingga semua bagian mendapatkan panas secara merata dan bisa masak semua," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya