Restoran Ini Ciptakan Makanan Kekinian yang Menyehatkan

Menu baru Pish & Posh Cafe? by Bakerzin yang lebih sehat
Menu baru Pish & Posh Cafe? by Bakerzin yang lebih sehat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Beberapa tahun belakangan, kreasi makanan dan minuman menjamur guna memenuhi keinginan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri dengan adanya inovasi makanan dan minuman kekinian membuat banyak orang ingin mencobanya. 

Tampilan yang menarik dan rasa yang enak semakin menggoda orang untuk memakannya. Namun, seringkali menu makanan kekinian memiliki kandungan gula yang tinggi dan jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. 

Head of Nutrifood Research Center Astri Kurniati mengatakan, data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa obesitas pada orang dewasa makin naik tiap tahunnya, yaitu 10,5 persen (2007), 14,8 persen (2013) dan 21,8 persen (2018). Sementara itu, prevalensi penyandang diabetes telah naik menjadi 8,5 persen (Riskesdas 2018) dari 6,9 persen (Riskesdas 2013).

Sementara, menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan diabetesi atau penyandang diabetes, sehingga membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar.

Habit dining out di Indonesia semakin besar terlebih di Jakarta, di kota besar. That's why, kumpul suka pesan apapun tapi kita harus ingat pengen boleh tapi harus dibatasi, kandungan gulanya dikurangi. Tingkat obesitas di Indonesia itu mencapai 20 persen, obesitas ini pangkal penyakit metabolik, salah satunya diabetes," kata dia di Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Rabu 13 November 2019.

Meski begitu, diakui oleh General Manager Marketing & PR Boga Group Ellen Widodo, kebiasaan makan di luar masyarakat Indonesia memang tinggi, namun beberapa tahun ke belakang masyarakat memilih masakan dan asupan gizi yang lebih sehat. Melihat hal tersebut, pihaknya mengeluarkan menu produk bercita rasa tinggi yang bebas gula, rendah garam, serta rendah atau bebas lemak. 

Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia memiliki pilihan menu kekinian yang lebih sehat, baik di rumah maupun makan di luar rumah, untuk mendukung gaya hidup sehat di manapun dan kapanpun mereka berada.

Pish & Posh Cafe? by Bakerzin, casual dining restaurant, menyediakan berbagai menu sehat pilihan bagi konsumen Indonesia bekerja sama dengan Tropicana Slim menawarkan pilihan menu eating out yang lebih sehat dan enak. Yaitu, menu Healthy Salad Bar yang diluncurkan hanya di gerai Kota Kasablanka.

Pada menu tersebut, pelanggan bisa memadu padankan kreasi menu sehat yang terdiri dari menu-menu karbohidrat, protein, supplement, dressing dan topping sesuai dengan selera dan kebutuhan asupan kalori masing-masing, yang tidak hanya sehat tapi juga enak. Selain itu, ada pula varian Smoothie Bowl dan Shaken. 

Kolaborasi ini merupakan bagian dari rangkaian program yang dilakukan dalam rangka Hari Diabetes Internasional yang jatuh pada 14 November 2019. Tujuannya, untuk menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat dengan mencegah dan melawan diabetes. Dengan hadirnya menu tersebut diharapkan dapat menjadi pilihan menu eating out yang lebih sehat namun tetap enak bagi masyarakat Indonesia.