Selain Kopi Hitam, Ini Rasa Baru yang Diminati Masyarakat Indonesia

Minum segelas kopi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Minum kopi atau Ngopi, menjadi aktivitas yang sudah sejak dulu dilakukan masyarakat Indonesia, baik di ibu kota maupun daerah-daerah lainnya. Tak heran, jika kini membuka kedai kopi atau coffe shop menjadi jenis usaha yang dianggap menjanjikan oleh pebisnis di Tanah Air.

Mulai Peduli Kesehatan, Muncul Lagi Golongan Coffee Snob yang Ogah Pakai Gula

Minuman kopi yang disajikan oleh kedai kopi pun beragam, mulai dari Cappuccino, Americano maupun Cafe Latte. Ada juga yang menawarkan menu minuman dengan rasa yang tak biasa, seperti Pandan Latte. Menariknya, seduhan kopi dengan aroma pandan itu  mulai jadi tren baru yang diminati masyarakat.
 
Bahkan, kalangan menurut kalangan pelaku dan pengamat bisnis minuman berbahan kopi, menyebut terjadi tren penurunan penjualan kopi dengan rasanya yang murni di beberapa outlet. Hal ini disinyalir karena saat ini semakin banyaknya coffee shop baru yang bermunculan di sejumlah wilayah.

Co-Qwner Fore Coffee, Elisa Sutedja mengatakan, tempatnya menjadi salah satu coffee shop yang menjual menu Pandan Latte. Ide menyajikan Pandan Latte ini bermula dari keinginan untuk memperkenalkan rasa khas Indonesia. 

Prabowo Sempatkan Waktu Ngopi Bareng Relawan dan Warga Aceh: Luar Biasa Rasanya

“Kita senang sekali melihat ketertarikan konsumen pada produk Pandan Latte, mengingat Fore merupakan coffee chain pertama yang mengangkat uniqueness Pandan di kopi. Fore sebetulnya sudah mematenkan menu ini sebagai menu original Fore,” ujarnya seperti dilansir dari VIVAnews, Sabtu 16 November 2019.

Sementara itu, Data Analyst Moka, Hutami Nadya mengatakan, strategi utama untuk bisnis kopi pada tahun mendatang, bukan hanya soal menu yang disajikan, para pelaku bisnis juga harus mengetahui potensi pasar, ketika membuka kedai kopi di wilayah tertentu. Cara tersebut, untuk bisa mendatangkan margin lebih tinggi.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Berdasarkan data Moka, waktu paling ramai di kedai kopi adalah sore hingga malam hari, atau kira-kira pukul 17.00-21.00 WIB. Tren ini terbentuk karena kebiasaan nongkrong bersama teman-teman setelah pulang kantor, atau sembari menunggu kondisi jalanan yang sedikit lengan untuk sebelum pulang ke rumah.  

"Dengan mengetahui strategi pasar, diharapkan pelaku bisnis dapat memperluas market dan menambah pendapatan," ujarnya.

Ilustrasi susu.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Susu nabati saat ini mulai diminati masyarakat tidak hanya bagi mereka yang intoleransi laktosa tapi juga mereka yang peduli akan kesehatan dan mulai hidup sehat.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024