Trik Sederhana Bedakan Telur Kedaluwarsa dan Segar

Telur ayam/kuning telur.
Sumber :
  • Freepik/4045

VIVA – Telur menjadi bahan makanan yang wajib ada di setiap rumah, mengingat manfaatnya yang besar. Bukan hanya untuk digunakan dalam membuat kue saja, telur juga digunakan dalam masakan seperti membuat telur goreng, telur orak arik hingga tambahan pada mi. 

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Namun, seringkali telur sisa yang lama tak terpakai akan melewati tanggal kedaluwarsa. Akibatnya, telur pun dibuang. Tapi, sebelum membuangnya kamu perlu tahu bahwa meskipun tanggal penggunaan pada sisi karton telur telah kedaluwarsa, terkadang telur tetap segar melewati tanggal tersebut.

Telur butuh waktu yang sangat lama untuk menjadi buruk, dan ada tes sederhana untuk menemukan telur kadaluwarsa sebelum kamu memecahkannya.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Kamu juga bisa mengecek nomor yang ada di karton telur yang kamu beli. Pertama adalah tanggal, umumnya ada tanggal penjualan, yang berarti hari di mana toko kelontong menarik barang dari rak. Masalahnya, ini terpusat pada kualitas dan kesegaran daripada keamanan atau masalah kesehatan.

Ada nomor lain di karton, yakni kode tiga digit yang disebut "Julian Date". Ini adalah hari ketika telur kamu dimasukkan ke dalam karton. Mungkin kamu memerlukan waktu satu menit untuk menyelesaikannya karena itu sesuai dengan sejumlah tahun kalender dari satu hingga 365.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Lalu, bagaimana mengetahui apakah telur Anda segar atau tidak? Kamu bisa melakukan tes mengambang. Isi gelas dengan air dan masukkan telur. Jika mengapung, telurnya sudah rusak.

Untuk diketahui, telur yang sudah rusak, sebagian besar akan berbau seperti belerang. Telur sendiri tetap segar antara tiga dan lima minggu setelah tanggal penjualan.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga pangan terpantau masih mengalami kenaikan pada hari ini, Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024