Meski Namanya French Fries, Kentang Goreng Bukan Berasal dari Prancis

Ilustrasi kentang goreng.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kentang goreng biasa menjadi panganan favorit di berbagai gerai restoran cepat saji. Rasa renyah dan gurih kentang goreng membuat siapa saja pasti ketagihan.

5 Trik Foreplay Panas Hingga Kentang Goreng Resto Bikin Ketagihan

Kini kentang goreng juga sudah banyak tersedia di supermarket dalam kemasan siap goreng. Tentunya ini semakin memudahkan siapapun menyantapnya kapan saja.

Meski begitu, tahukah kamu mengenai sejarah kentang goreng? Di luar negeri, kentang goreng populer disebut dengan French fries. Tapi, ternyata kentang goreng sebenarnya tidak berasal dari Prancis.

Alasan Kentang Goreng Resto Cepat Saji Bikin Ketagihan

Kentang goreng awalnya diperkenalkan di Belgia di sekitar tahun 1600 dan masih terus dinikmati hingga saat ini oleh seluruh kalangan masyarakat. Saat mengunjungi Belgia, kamu bisa menemukan frietkot (gerai penjual kentang goreng) di setiap sudut kota dan kamu dapat menikmati camilan yang telah menjadi warisan budaya Belgia ini.

Untuk menjaga budaya kentang goreng Belgia, Pangeran Laurent dari Belgia secara resmi menobatkan James Bint sebagai duta budaya kentang goreng Belgia di seluruh dunia pada tahun 2017. James Bint telah berjanji untuk memastikan bahwa kentang goreng Belgia akan menjadi camilan yang lezat yang menyenangkan untuk dinikmati di seluruh dunia di tahun-tahun mendatang.

Trik Jitu, Bikin Kentang Enggak Berubah Warna Meski Dikupas Kulitnya

Dibutuhkan 8 langkah untuk membuat camilan yang lezat dan menyenangkan ini. Berikut adalah kedelapan langkah dari James Bint dalam membuat kentang goreng asli Belgia:

Kentang dipanen dari tanah yang baik.
1. Setelah dipanen, kualitas kentang pun diperiksa untuk mencari kentang berkualitas terbaik.
2. Kentang yang sudah dipilih akan dicuci.
3. Setelah dicuci, kulit kentang akan dikupas.
4. Kentang yang sudah dikupas akan dipotong menjadi berbagai ukuran yang berbeda: tipis, sedang dan tebal.
5. Kentang yang sudah terpotong-potong akan digoreng.
6. Setelah digoreng, kentang kemudian dibekukan.
7. Setelah dibekukan, kentang akan diekspor dari Belgia ke berbagai negara untuk bisa dinikmati.

Selain sebagai camilan, kentang goreng Belgia bisa dinikmati sebagai hidangan utama saat makan bersama. Untuk enjoy fries the Belgian way, langkah-langkah mudah yang perlu kamu lakukan adalah:

1. Goreng kentang beku hingga berwarna kuning keemasan.
2. Berikan garam secukupnya.
3. Nikmati kentang goreng bersama saus mayonnaise.
 
“Kentang goreng asli Belgia adalah camilan yang telah menjadi warisan budaya Belgia dan kami ingin camilan ini dinikmati semua orang di seluruh dunia. Kentang goreng Belgia juga bisa menjadi pilihan camilan yang lebih sehat karena kentang yang digunakan adalah kentang berkualitas dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk menggunakan minyak yang bersih dan nikmatilah kentang goreng Belgia dalam jumlah yang cukup,” ujar Romain Cools, President of World Potato Congress dalam siaran pers yang diterima VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya