Tips Bersihkan dan Menyimpan Sutil Kayu Agar Tak Mudah Berlumut

Sutil Kayu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sutil menjadi alat masak yang wajib dimiliki setiap dapur di rumah. Sutil berfungsi untuk membantu seseorang untuk mengaduk makanan yang dimasaknya.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Berbicara soal sutil, terdapat dua jenis salah satunya adalah sutil berbahan kayu. Sutil kayu menjadi pilihan lantaran memiliki penghantar panas yang baik. 

Selain itu, sutil berbahan kayu sering dipilih karena dapat digunakan selama bertahun-tahun lamanya. Namun dengan perawatan yang tepat terutama saat mencucinya. 

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Berikut cara membersihkan sutil kayu seperti dilansir dari laman Reader Digest. 

Cuci dengan Tangan

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Setelah memasak segeralah cuci sutil dengan air sabun hangat untuk mencegah noda.  Tepuk-tepuk sutil dengan handuk lalu biarkan hingga benar-benar kering sebelum menyimpannya.  

Jangan biarkan sutil terlalu lama di dalam air karena kayu akan menyerap air, dan berakibat retakan pada sutil. Selain itu, jangan pernah memasukkan sutil Anda ke mesin pencuci piring. Sebab, uap dan siklus kering pada mesin pencuci piring dapat memecahkan kayu.  
 
Gosok Noda

Jika sutil Anda memiliki noda dan air sabun tidak bisa membersihkannya, ada baiknya menggunakan beberapa bahan penting dapur agar terlihat baru.  Setelah mencuci dengan air sabun, tuangkan garam ke sendok dan gosok dengan lemon.  

Pembersihan sekaligus ini tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, tetapi juga akan membuat semuanya tetap segar.  Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Jika masih bau, campur soda kue dan air, lalu gosok dengan lemon yang sudah dibelah dua.  Baking soda sangat bagus untuk menetralkan asam organik. Ingat, jika sutil Anda ternoda, itu tidak berarti kotor.  Bahkan noda yang membandel, seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit, pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

Amplas dan minyak

Jika semuanya gagal, gunakan amplas untuk menggosok dengan ringan lapisan kayu yang kotor.  Anda harus memperbarui kembali sutil sebelum menggunakannya lagi. Untuk memperbarui sutil kembali, panaskan oven Anda hingga 350 ° F. 

Bersihkan sutil dengan minyak netral (seperti minyak biji anggur atau mineral) dan masukkan ke dalam oven selama dua hingga tiga menit.  Namun, jangan gunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk ini.

Menggunakan minyak secara berkala merupakan ide yang baik untuk membantu sendok kayu awet lebih lama. Bukan hanya itu, menggosoknya dengan minyak akan membantu sendok kayu tetap segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya