Trik Bikin Kue Kering Natal Antigagal, Gak Pakai Ribet

Ilustrasi kue kering
Sumber :
  • Pixabay/ali_cruse

VIVA – Perayaan Natal tinggal menghitung hari. Tentu banyak persiapan yang mesti dilakukan untuk menyambut hari spesial ini. Mulai dari menghias pohon Natal hingga menghias rumah dengan ornamen khas Natal.

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Selain itu, yang juga tidak boleh tertinggal adalah sajian kue kering. Sajian kue yang wajib dihidangkan saat Hari Raya sebagai suguhan untuk para tamu yang hadir. 

Bagi sebagian orang yang tidak mau repot, mereka memilih untuk membeli kue yang telah jadi di pasaran. Tetapi, tidak sedikit pula yang ingin membuatnya sendiri dengan alasan untuk menjamin kualitas rasanya.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Tapi, bagi yang perdana membuat kue kering tentunya bukan hal mudah dilakukan. Seringkali percobaan pertama membuat kue berakhir dengan gagal. Nah, supaya kue kering buatanmu bisa sukses dan enak, bisa ikuti beberapa tips berikut seperti dilansir dari laman Taste of Home.

Pertama, gunakanlah mentega, margarin (dengan setidaknya 80 persen minyak) atau shortening. Produk whipped, tub, soft, liquid, atau rendah lemak mengandung terlalu banyak udara dan air sehingga akan menghasilkan kukis yang rata, keras, dan kurang kecokelatan.

Prabowo Acungi Jempol Cicipi Produk Buatan Pengusaha UMKM MDS Coop

Saat membuat adonan kue, hindari over mixing. Jika terlalu banyak mixing, kukis akan menjadi keras. Lalu, gunakan loyang aluminium ukuran besar. Saat ada petunjuk melumuri loyang dengan minyak, sebaiknya gunakan semprotan shortening atau anti lengket. Sebab, hasil akhir yang gelap dapat menyebabkan kue kering menjadi terlalu kecokelatan.

Sebelum mulai memanggang kue, pastikan kamu memanaskan oven terlebih dahulu selama 10-15 menit. Saat memanggang kue, perhatikan langkah-langkah berikut.

- Buat kue dengan ukuran dan ketebalan yang sama.

- Letakkan adonan kue 2 hingga 3 inci. Kecuali jika resep menyatakan sebaliknya, letakkan adonan kue 2 hingga 3 inci di atas loyang yang dingin.

- Sisakan setidaknya 2 inchi jarak di antara sekitar loyang dan dinding oven untuk sirkulasi panas yang baik. 

- Untuk hasil terbaik, panggang hanya satu loyang kue sekaligus. Jika kamu perlu memanggang dua loyang sekaligus, buat posisi loyang yang satunya dipanggang separuh waktu. 

- Periksa kue ketika waktu pemanggangan minimum telah tercapai

- Panggang lebih lama jika dibutuhkan. Ikuti tes kematangan yang diberikan dalam masing-masing resep.

- Biarkan kukis dingin selama 1 menit di atas loyang sebelum dipindahkan ke rak kawat. Dinginkan sepenuhnya sebelum menyimpan.

- Biarkan loyang mendingin sebelum menempatkan adonan biskuit di atasnya. Kalau tidak, panas dari loyang akan melunakkan adonan yang menyebabkannya melebar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya