6 Trik Bikin Barbeque Sempurna untuk Pesta Malam Tahun Baru

Daging sate sayam yang sedang proses dibakar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Malam Tahun Baru, selain pesta kembang api, juga biasanya diisi dengan kegiatan pesta barbeque. Mulai dari bakar jagung hingga daging, kegiatan ini paling disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Gara-gara Drakor, Rossa Buka Restoran Korea Halal

Tapi, jangan biarkan pesta barbeque kamu jadi biasa-biasa saja atau berantakan karena persiapan yang kurang. Bagi kamu yang pertama kali membuat menu bakar, sebaiknya buat persiapan lewat beberapa tips berikut ini yang dikutip dari laman Jamie Oliver.

Arang

Barbekyuan saat Malam Tahun Baru? Waspada Penyakit Ini Mengintai

Hal pertama yang paling dasar dari pesta barbeque adalah arang. Meski kini sudah ada alat barbeque yang menggunakan gas, tapi kamu tidak bisa mendapatkan rasa asap seperti dari arang. Selain itu, arang juga akan mengubah rasa dari makanan kamu. Menurut penulis buku Food Tube's BBQ Book, DJ BBQ, arang kayu akan memberikan rasa terbaik karena arang kayu tidak tercemar dan alami.

Tunggu waktu yang tepat untuk memasak

Biar Gak Bikin Penyakit, Begini Cara Masak Barbeque yang Sehat

Barbeque butuh kesabaran dan konsentrasi. Kamu harus menunggu sampai api mereda karena membakar dengan api adalah istilah yang salah. Kamu harus menunggu arang memutih dan panas, artinya warnanya menjadi abu dan bercahaya. Itulah tingkat kepanasan yang tinggi dan panas yang paling merata.

Pertahankan suhu

Setelah membuat panas arang, jangan lupa kalau kalian sedang membuat oven zaman batu jadi kalian harus mengendalikan panasnya seperti oven. DJ BBQ mengatakan, cara terbaik untuk mengetes panas arang kamu adalah dengan tangan. Tahan tangan kamu sekitar 12cm di atas panggangan dan lihat berapa lama kamu bisa bertahan di sana dengan sama (tanpa berteriak).

6 detik = panas rendah
4 detik = panas sedang
2 detik = panas
0 detik = sangat panas

Kamu juga harus mengontrol suhu di seberang panggangan. Cara termudah adalah dengan setengah-setengah, taruh semua bara di satu sisi, jadi kamu punya sisi yang sangat panas dan satu sisi dengan panas tidak langsung.

Gunakan alat terbaik

Salah satu alat yang harus kalian punya adalah penjepit makanan yang baik, karena benda ini memberikan kendali paling banyak dan mengurangi peluang makanan terjatuh ke dalam arang.

Jangan hanya daging, ikan juga pilihan terbaik

Ikan dan asap adalah sahabat sejati. Jadi, tak ada salahnya memasukkan ikan ke dalam bahan makanan kalian. Kalau kamu ingin sedikit lebih mewah, belah satu ekor ikan dan isi dengan lemon, adas, dan cabai.

Bumbu

Kalian pasti akrab dengan kalimat, 'biarkan selama beberapa jam atau semalaman'. Hal ini juga berlaku untuk barbeque, pastikan rasa makanan kalian tidak tertutup dengan tambahan asap. Cara paling baik yang bisa dilakukan adalah sisakan bumbu marinasi, lalu oleskan daging atau ikan setiap 10 menit sekali saat dipanggang. Dengan demikian, bisa menambah kelembaban, menangkap aroma asap dan karamelisasi saat dimasak.

Jangan lupakan sayuran

Barbeque memang paling cocok dengan daging, tapi bisa sangat cocok juga untuk membakar beberapa jenis sayuran asal kalian tahu tekniknya. Jadi, potong sayuran tipis-tipis dan langsung panggang, tanpa minyak dan bumbu. Ketika matang, kamu bisa menambahkan rasa dengan sedikit minyak zaitun berkualitas dan sedikit cuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya