Daftar Makanan Paling Hits, Ini Kaleidoskop Kuliner Sepanjang 2019

Topping Bobba
Sumber :
  • Instagram/@Benedict

VIVA – Bukan hanya dunia mode, industri kuliner pun setiap tahunnya memiliki tren tersendiri. Sepanjang tahun 2019, berbagai aneka kuliner unik nan aneh bermunculan. Baik dari bentuk, warna hingga bahan utamanya membuat heboh masyarakat.

Peristiwa Bikin Geger di Penghujung 2019: Garuda hingga Penyiram Novel

Belum lagi dengan kemunculan instagram dan media sosial lainnya yang membuat penyebaran makanan unik pun begitu cepat hingga ke berbagai daerah. VIVA pun merangkum beberapa tren kuliner sepanjang tahun 2019. Berikut ini rangkumannya.

Bobba

Pikap Legendaris Bangkit di 2019

Bukan hanya dijadikan sebagai topping untuk minuman milk tea, sepanjang tahun 2019 banyak inovasi yang dilakukan oleh pihak pemilik restoran untuk menambahkan bobba dalam menu makanan mereka. 

Sebut saja kue cubit bobba, bahkan aktris sekaligus penyanyi Dimas Beck membuat menu snack ini di restorannya yang ada di kawasan Kemang Jakarta Selatan, untuk kue cubit ini dibuat seperti kue cubit pada umumnya namun dengan tambahan cream cheese dan bobba sehingga tekstur manis gurih dan kenyal dari bobba menyatu ketika masuk ke dalam mulut.

Kaleidoskop 2019, 10 Figur Berpengaruh dalam Sepakbola Indonesia

Kue Cubit Bobba ala Lumpang Emas

Selain itu ada juga roti panggang isi bobba, awalnya menu ini berawal dari Taiwan kemudian masuk ke Singapura pada awal tahun ini dan beberapa bulan terakhir juga happening di Indonesia, salah saatunya adalah restoran Benedict Jakarta, yang mana roti panggang ini diberikan cheese cream dan bobba sebagai topping

Untuk teksturnya sendiri fluffy dan memiliki rasa manis dan gurih dari gula merah dan krim keju serta tekstur kenyal pada bobba yang menggugah selera para penggemar bobba.

Yang juga tidak kalah menarik adalah croissant isi bobba, yang trending di Singapura dan happening di Jakarta beberapa bulan terakhir. Untuk menu ini sendiri terdiri dari croissant yang diisi dengan puding milk tea dan tambahan bobba di tiap lapisannya.

Roti panggang bobba

Fluffy Pancake

Tahun 2019 sepertinya menjadi tahun yang membahagiakan bagi mereka yang suka mencicipi makanan manis. Selain aneka dessert dengan topping bobba, tahun 2019 ini juga fluffy pancake begitu happening di Jakarta. Fluffy pancake ini sendiri merupakan jenis pancaekesouffle pancake asal Jepang. 

Fluffy Pancake

Pancake ini memiliki tekstur yang sangat lembut dibandingkan dengan pancake pada umumnya. Bentuk pancake ini juga begitu mengembang ketika disajikan, namun ketika dimakan tekstrunya begitu lumer dimulut. 

Untuk mendapatkan teksturnya yang lembut dan ukuran yang mengembang diperlukan teknik memasak khusus. Setidaknya ada dua fluffy pancake yang happening di Jakarta, yakni Pancake Co di kawasan Jakarta Selatan dan Pan & Co yang ada di Kawasan Jakarta Utara.

Es Kopi Susu

Es kopi susu oleh Merinda

Tren es kopi susu di tahun 2019 begitu banyak diminati oleh para penggemarnya. Mulai dari gerai kopi sederhana hingga gerai kopi kelas atas bahkan convenion store banyak mengakomodir para pecinta kopi susu. Mulai dari es kopi susu dengan alpukat, es kopi tarik, hingga es kopi susu. 

Saking populernya es kopi susu kekinian di tahun 2019 artis sekaligus presenter kenamaan, Raffi Ahmad membuka gerai es kopi kekinian di kawasan Jakarta Barat. Beberapa menu diantaranya es kopi durian, es kopi bobba, es telepon dan sebagainya.

Baso aci

Baso Aci Kapten di Bogor, Jawa Barat.

Selain makanan manis, makanan berkuah dengan cita rasa asin dan gurih juga tetap happening di sepanjang tahun 2019. Menu makanan berkuah yang begitu happening di sepanjang tahun 2019 adalah baso aci. 

Baso aci ini merupakan makaan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung terigu yang kemudian diolah menjadi baso, menu ini kemudian ditambah dengan aneka tambahan lainnya mulai dari tetelan, irisan daging, ceker, cuanki, tahu dan cikur. Kemudian disiram dengan kuah kaldu gurih, irisan jeruk nipis dan sambal.

Corn dog

Corndog Khas Korea

Makanan pinggir jalan asal Korea ini begitu happening dicari dan diperbincangkan di sepanjang tahun 2019. Corndg ini pada dasarnya adalah roti goreng isi sosis yang secara tradisional di AS dibuat dari cornmeal atau sejenis tepung roti jagung yang teksturnya kasar. 

Namun di Korea sendiri corndog memiliki tampilan seperti sosis yang ditusukkan dengan tusukan sate dengan tekstur lapisan luar gurih dan lumernya keju mozarella di dalamnya. Corndog di Indonesia sendiri memiliki tekstur yang mirip dengan di Korea, salah satunya adalah Samjin Amook.

Barbeque all you can eat

Meski sudah populer sejak lama, namun keberadaan barbeque all you can eat sepanjang 2019 begitu ramai dicari penggemarnya. Beberapa bulan terakhir ini mulai banyak gerai barbeque all you can eat untuk memanjakan para penggemarnya. 

Sebut saja Yakiniku Like di Grand Indonesia, Bar.B.Q. Plaza di Kelapa Gadning, Pochajjang, Momo Paradise di Kelapa Gading.

Barbeque

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya