Jakarta Diguyur Hujan, Ini Resep Sup Ayam Penghangat Tubuh

Ilustrasi Sup Ayam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA – Beberapa hari belakangan ini di awal tahun 2020, Jakarta mulai diguyur hujan. Intensitas curah hujan yang cukup tinggi, bahkan sempat membuat sebagian besar wilayah jabodetabek dihadang banjir.

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Sehat dan Nyegerin untuk Berbuka Puasa

Bukan hanya banjir, hujan yang terus menerus melanda Jakarta juga menimbulkan imunitas menurun. Salah satu dampak dari menurunnya imunitas adalah penyakit influenza. Penyakit influenza menjadi salah satu penyakit yang sering dijumpai ketika musim hujan tiba.

Hal ini disebabkan karena penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat menyebar dalam kondisi lembap. Untuk itu, tubuh perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan.

Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu menu makanan yang bisa dikonsumsi saat musim penghujan untuk menghangatkan tubuh dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh adalah makanan hangat seperti misalnya, sup ayam.

Baca Juga: Reynhard Sinaga Perkosa Ratusan Pria dan Dihukum Seumur Hidup di Inggris

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Dikutip laman The Healthy dan UPMC, menurut penelitian, sup ayam hangat dapat membantu meringankan gejala pilek, hidung tersumbat, dan batuk yang sering menyerang ketika hujan. Selain rasanya yang enak, mengonsumsi sup ayam juga bisa memberikan nutrisi bagi tubuh karena terdapat berbagai sayuran sebagai sumber vitamin dan ayam sebagai sumber protein.

Selain itu, penggunaan bawang putih dalam sup ayam juga baik bagi kesehatan. Sebab, bawang putih mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas, mengurangi kelelahan, dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu, mengurangi masalah pencernaan, bahkan mengatasi peradangan atau iritasi pada saluran lambung.

Wah banyak banget kan manfaat dari mengonsumsi sup ayam di musim penghujan ini. Nah berikut ini resep sup ayam yang bisa kamu coba buat di rumah yaa.

Sup Ayam

Bahan-bahan:

- 2,2 kg ayam
- 1 bungkus sayap ayam
- 3 bawang ukuran besar
- 1 ubi jalar besar
- 2 lobak
- 12 wortel besar
- 5 batang seledri
- Peterseli, garam, dan lada secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan ayam, kemudian tempatkan ayam dalam panci besar, tutup dengan air dingin dan didihkan.

2.Tumis bawang putih yang sudah digeprek, lalu masukkan ke dalam panci ayam

3. Tambahkan semua sayuran lain kecuali seledri dan peterseli, lalu masak selama 90 menit.  

4. Tambahkan seledri dan peterseli, masak selama 45 menit, lalu keluarkan ayamnya (yang bisa digunakan dalam hidangan lain).  

4. Potong-potong seledri dan peterseli sesuai selera taburkan di atas kuah sup, kemudian bumbui sup secukupnya dengan garam dan penyedap juga merica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya