Mencicip Lezat Gurihnya Nila Bakar Pedas Restoran Buyung

Ikan bakar nila pedas
Sumber :
  • VIVA/ Ngadri/ Kalimantan Barat

VIVA – Berkunjung ke Pontianak Kalimantan Barat, belum lengkap rasanya, jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Nah, saat kamu ke Pontianak enggak ada salahnya mampir ke Restoran Buyung milik Hamsyah Sutan Umar di Jalan Adisucipto, Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat.

Gratis Takjil! Ini Rekomendasi Resto untuk Buka Puasa di Jaksel

Di restoran ini, disediakan menu ikan nila super lezat. Ikan bakar nila olahan pak Hamsyah, terkenal di kota ini. Selain rasanya lezat, masakan ikan nila di restoran ini sangat murah. Satu porsi hanya Rp30 ribu lengkap dengan nasi dan minuman es teh.

Hamsyah pengelola restoran ini bahkan tak pelit berbagi resep gurih lezatnya ikan bakar nila. "Untuk membuat ikan bakar nila supaya rasanya gurih, enak dan lezat sangat mudah. Yang pertama siapkan bahan dasarnya, yaitu ikan nila," ucap Hamsyah Sutan Umar biasa disapa Buyung pengelola Restoran Buyung kepada VIVA.

Pertama Kali ke Indonesia, JO1 Coba Ikan Bakar dan Ingin Lihat Sawah

Ikan Nila Pedas

Buyung melanjutkan, memasak ikan nila bakar supaya terasa gurih, ikan yang akan dibakar harus masih segar dan beratnya minimal setengah kilogram. Selanjutnya, ketika proses pembakarannya harus menggunakan arang kayu.

Ribuan Ikan Nila Mati di Danau Maninjau, Petani Rugi Miliaran

"Bahan yang harus disiapkan untuk membuat ikan bakar nila, di antaranya 1 kilogram ikan nila, jeruk nipis, garam, kecap manis, dan air secukupnya," kata Buyung.

Kemudian, setelah semua bahan lengkap. Bumbu dihaluskan, mulai dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, dan kunyit.

"Cara membuatnya, bumbu yang sudah dihaluskan ditumis hingga harum. Tambahkan sedikit air, aduk-aduk hingga merata, masukkan garam, kecap manis secukupnya," ujarnya.

Dia menambahkan kalau ikan yang sudah dibalur dengan bumbu-bumbu didiamkan sekitar 20 menit supaya meresap. Setelah meresap ikan, panggang hingga matang sambil diolesi bumbu berulang.

"Apabila ikan yang kita bakar, sudah tampak agak hitam berarti ikan sudah masak dan siap untuk dihidangkan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya