Trik Bikin Telur Rebus Setengah Matang Seperti di Restoran

Telur setengah matang.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Pasti pernah lihat dan terpesona dengan sajian ramen atau mi yang dibubuhi topping telur rebus setengah matang. Warna kuning telurnya yang sempurna dan lembut saat dimakan, tentunya menciptakan kenikmatan level dewa.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Nah, tapi tidak banyak orang yang paham cara membuat telur rebus dengan kondisi setengah matang dengan tekstur yang lembut. Dituturkan Celebrity Chef, William Gozali, untuk memasak telur setengah matang memang ada waktu tertentu.

Selain itu, cara menaruh telurnya harus sangat hati-hati agar tidak retak dan memicu telur malah keluar dari cangkangnya. Maka, tahapan paling pertama yaitu rebus air hingga mendidih sebelum memasukkan telur.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Kalau sudah mendidih, telurnya taruh di mangkok dulu untuk dicemplungkan ke air. Kalau pakai tangan, takutnya terasa panas, jadi malah telurnya pecah," ujar Willgoz, sapaan akrabnya, saat ditemui baru-baru ini.

Usai telur dimasukkan perlahan dengan menggunakan mangkuk, lalu pasang timer hingga enam menit. Disarankan memasang timer agar tidak terlewat dari waktu yang diharuskan tersebut.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Kalau lebih dari enam menit, bakal overcooked (kematangan). Kuning telurnya enggak bakal bagus lagi," jelasnya.

Selagi menunggu matang, siapkan air dicampur es batu yang cukup banyak di mangkuk lain, untuk merendam telur setelah diangkat dari air yang mendidih tersebut.

"Taruh di air es agar proses kematangannya tidak berlebihan. Karena udah diangkat dari kompor, tetap suhu panasnya ada dan proses memasak bakal berlangsung terus," kata dia.

Lalu, kupas telur sambil tetap mencelupkan di air es. Selain meredam suhu panasnya, ini juga berfungsi seperti pelumas telur untuk mempermudah proses mengupas.

"Jadi putih telurnya enggak ada yang cacat. Nah, biar kuning telurnya bulatnya bagus, kalau bisa potong dengan benang. Kalau pakai pisau, kuningnya menempel," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya