Begini Cara Mengupas Bawang Putih dengan Mudah dan Cepat

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA – Bawang putih menjadi bumbu masakan yang wajib digunakan ketika memasak. Mengingat bawang putih memiliki peran yang besar untuk memberikan tekstur rasa pada masakan. 

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Meski membuat masakan menjadi lezat, terkadang kita memilih untuk mencari alternatif dengan menggunakan bubuk bawang putih. Hal ini lantaran kesulitan mengupas bawang putih.

Tapi tenang, ada trik mudah untuk mengupas bawang putih tanpa ribet. Berikut ini beberapa tips dan langkah yang bisa dilakukan untuk mengupas bawang putih, dilansir dari laman Taste of Home, Kamis, 30 Januari 2020.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Mangkuk

Langkah pertama, hancurkan bagian atas atau kepala dari bawang putih. Ambil dua mangkuk dengan ukuran yang sama. Tempatkan kepala bawang putih dalam satu mangkuk dan gunakan bagian bawah mangkuk yang lainnya untuk menghancurkan kepala bawang putih.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Selain mangkuk, Kamu juga dapat  menggunakan dua talenan. Mangkuk berbahan logam berfungsi paling baik karena punya sisi yang keras, ringan dan lebih mudah bergetar dan tidak akan pecah jika Kamu kehilangan cengkeraman pada mangkuk.

Langkah kedua, kocok bawang putih Masukkan seluruh bawang yang telah dihancurkan ke dalam satu mangkuk dengan mangkuk lainnya di atasnya.  Kocok kuat-kuat selama 10-15 detik untuk memisahkan lapisan luar dari bawang putih.

Kamu juga dapat menggunakan wadah penyimpanan makanan dari plastik dengan penutup. Stoples juga berfungsi, tetapi prosesnya akan lebih lama. Proses ini juga bisa dilakukan dengan hanya beberapa siung bawang putih daripada satu bulatan bawang, tetapi akan membutuhkan lebih banyak getaran untuk melepaskan kulitnya.

Langkah ketiga, pisahkan dari kulitnya.

Microwave

Metode yang cepat tapi sedikit berisiko untuk mengupas bawang putih adalah dengan menggunakan microwave. Panaskan bawang putih dalam microwave selama 15-20 detik dan kulit akan terkelupas tanpa ribet. Namun, berhati-hatilah jangan sampai Kamu malah membuat bawang menjadi matang, karena bisa membuat bawang menjadi tidak enak rasanya saat dimasak.

Pisau

Teknik yang sudah terbukti benar adalah dengan menaruh bawang putih di bawah bilah pisau. Tekan ke bawah hingga Kamu mendengar kulitnya terlepas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya