Kuliner Laut Musiman Wajib Dicoba saat Musim Dingin di Jepang

Kiritanpo Nabe
Sumber :
  • Nagano Tourism Organization

VIVA – Musim salju, selalu jadi waktu yang menyenangkan untuk berlibur. Apalagi, jika tujuan berliburnya adalah ke Jepang. Jepang memang menjadi tempat liburan favorit saat musim salju. Tak terkecuali untuk daerah Tohoku dan Shin’etsu yang memiliki banyak sekali rekomendasi aktivitas, tempat dan pemandangan musim dingin yang mengesankan.

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Enggak cuma bisa menikmati pemandangan indah bersalju ataupun main ski, kamu juga bisa menikmati kuliner khas musim dingin di daerah tersebut.

Seperti diketahui, wilayah Tohoku adalah salah satu daerah di Jepang yang terletak di bagian timur Laut Honshu dan terdiri dari 6 Prefektur yakni Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, dan Fukushima. Untuk perjalanan ke wilayah Tohoku, direkomendasikan menggunakan "JR EAST PASS (Tohoku area)" dimana kamu bisa naik kereta sepuasnya dengan kereta JR East.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Nah, untuk Shin’etsu, istilah umum untuk prefektur Nagano dan Niigata. Untuk perjalanan ke wilayah Shin’etsu, juga direkomendasikan menggunakan transportasi kereta dengan "JR EAST PASS (Nagano, Niigata area). Kamu, bisa dengan bebas menggunakan transportasi tersebut.

Buat kamu yang suka traveling dan suka kulineran saat liburan musim dingin di Jepang, di daerah Tohoku dan Shin'etsu, ada banyak rekomendasi kuliner musim dingin yang wajib dicoba. Salah satunya, mencicip makanan laut musiman. Lewat rilis yang diterima VIVA, berikut kuliner laut musiman yang bisa kamu cicipi ketika ada di Jepang, khususnya di Tohoku dan Shin’etsu.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Kiritanpo Nabe (Prefektur Akita)

Masakan ini merupakan masakan rumah yang mewakili Akita di musim dingin ketika ingin menghangatkan tubuh. Nasi yang telah dihancurkan dan dililitkan ke tongkat kayu tersebut dipanggang hingga renyah dan dinikmati bersama sup ayam Hinauchi yang berisi jamur maitake. "Rasa rumahan" yang kaya dijamin dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh.

Kiritanpo Nabe
 
Kepiting Shonai Kitamae (Kepiting Salju) Prefektur Yamagata

Penangkapan kepiting salju di Shonaihama di Prefektur Yamagata dilarang di seluruh negeri pada bulan Oktober hingga bulan April tahun berikutnya. Para nelayan Yamagata memiliki kepiting salju bermerek yang berkualitas tinggi yaitu Kepiting Shonai Kitamae, yang beratnya lebih dari 1 kg dan selebar 13 cm atau lebih. Memakannya bersama shabu-shabu sangat direkomendasikan. Mari nikmati kepiting salju dari Shonaihama!

Kepiting Shonai Kitamae
 
Tiram (Prefektur Miyagi)

Setiap musim tiram dari Oktober hingga Februari, Pantai Sanriku di Prefektur Miyagi menerima berkat alam yang melimpah. Alasan mengapa tiram di Sanriku sangat lezat adalah kualitas air yang baik dari wilayah laut tempat mereka dibudidayakan. Rasa manis nan gurih yang unik menjadi ciri khas tiram di sini. Silakan nikmati tiram segar di area produksi.

Tiram

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya