Tips Bikin Kopi di Rumah Seenak Kafe

espresso, racikan kopi yang mendunia
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Buat kamu para pecinta kopi, pasti enggak akan bisa melewatkan sehari pun tanpa menyesap kafein ini. Rasanya ada yang kurang kalau tidak menyeruput kopi. Bahkan, tubuh terasa tidak bersemangat, hingga mata terus-menerus mengantuk sebelum mengonsumsi kopi.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Nah, buat kamu para coffee addict, setiap hari membeli kopi di kafe atau coffeeshop tentu enggak murah, bukan? Supaya lebih menghemat, kamu juga bisa lho membuat sendiri di rumah. Lalu, bagaimana cara membuat kopi di rumah seenak di kafe?

Ditemui saat peluncuran mesin kopi Eagle One by Victoria Arduino, penulis buku dan influencer kopi, James Hoffman, mengatakan bahwa kopi yang enak itu enggak harus mahal tapi harus segar. 

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Mau kopi pakai susu kek, gula kek, espresso kek, itu tergantung selera dan itu yang membuat spesial. Mau ditambah gula ya terserah," ujarnya di Art Gallert, Ciputra World Jakarta, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

World Barista Champion 2007 itu juga berpesan, jangan minum kopi hitam jika kamu tidak menyukainya. Cukup nikmati jenis kopi yang kamu sukai, entah latte, cappucino, macchiato, atau yang lainnya. 

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

"Nikmati aja kopi Anda dan jangan takut eksplore," kata James singkat. 

Apalagi menurut James, kopi Indonesia sangat terkenal di luar negeri sana lho. Bahkan, Indonesia menjadi juara keempat sebagai produsen kopi terbaik di dunia. 

"Kopi Indonesia terkenal kok sampai UK dan orang UK suka dan tau dengan kopi Indonesia. Arabica dan kopi yang klasik rasanya juga dikenal. Banyak orang traveling ke Indonesia juga jadi tau," kata Hoffman. 

Selain Indonesia, beberapa negara lain yang juga didapuk sebagai produsen kopi terbaik, di antaranya Brasil, Vietnam dan Ethiopia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya