Lewat Bisnis Kopi, Ivan Gunawan Ciptakan Lapangan Kerja

Ivan Gunawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyu Firmansyah

VIVA – Nama Ivan Gunawan di bidang rancang busana sudah tidak asing lagi. Kiprahnya sebagai desainer kondang sudah tidak ragukan. Begitupula namanya di dunia hiburan, Ivan Gunawan termasuk dalam jajaran artis papan atas yang wajahnya selalu ada hampir setiap hari di televisi nasional.

Ivan Gunawan juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Figur publik dengan multi talenta yang memiliki lebih dari 20 juta pengikut di Instagram tersebut sukses mengelola beberapa perusahaan di bawahnya. Sejumlah brand fashion ternama juga lahir dari tangannya seperti Jajaka X Ivan Gunawan, LOVE by Ivan Gunawan, Mandjha Hijab, Ivan Gunawan PRIVE, Khalif, dan Minime.

Tangis Angelina Sondakh Hirup Udara Bebas, Isi Amplop Ivan Gunawan

Ivan juga sukses mengembangkan bisnis kosmetik dengan brand Ivan Gunawan Cosmetics. Dan diakhir 2019 lalu, Ivan sukses meluncurkan permainan berbasis aplikasi yang diberi nama Ivan Gunawan Superstyle.

Namun bukan Ivan Gunawan kalau hanya puas dengan  pencapaiannya sekarang. Ditahun 2020, Ia juga merambah ke dunia food and beverage.

Dimulai dengan bisnis peyek Mak Igun yang viral dikalangan artis, kini Ivan juga memulai bisnis baru berjualan kopi. Peyek dan kopi merupakan makanan dan minuman favorit orang Indonesia.

Selain itu, Ia juga ingin memberikan kontribusi lebih kepada negeri dengan membuka lapangan kerja baru. Apalagi begitu banyak pemutusan hak kerja (PHK) di berbagai daerah sejak wabah COVID-19.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

"Saat ini dunia bisnis lagi terpuruk. Namun ini justru  membangkitkan semangat saya untuk memberikan kontribusi. Caranya dengan menciptakan peluang kerja baru di Kedjora Coffee ini," kata Ivan Gunawan lewat pesan tertulis kepada VIVA


Beberapa tahun belakangan, bisnis kedai kopi di Indonesia memang semakin menjamur seiring dengan tumbuhnya jumlah generasi Z dan Y. Peluang inilah yang tak disia-siakan oleh Igun, sapaan Ivan Gunawan.

Mesra, Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Posting Foto Harmonis

Ia ingin membuat bisnis kopi yang tak hanya menjual kopi, tapi sekaligus bisa membangkitkan rasa cinta kaum milenial terhadap citarasa kopi Indonesia.

"Melalui kopi yang saya sajikan, saya ingin para penikmat kopi yang kebanyakan adalah anak muda semakin mencintai citarasa kopi Indonesia. Karena menurut saya, Indonesia memiliki kopi terenak yang pantas dibanggakan. Dengan begitu, bibit cinta terhadap produk dalam negeripun akan tumbuh di kalangan mereka," tutur Igun.


Kedepan, Ivan Gunawan juga berharap melalui Kedjora Coffee ia bisa membangun jaringan bisnis yang lebih besar supaya bisa membantu dan bekerja sama dengan banyak usaha kecil menengah. "Saya selalu ingin usaha yang saya kembangkan bisa membantu banyak orang. Salah satunya dengan menjadi jaringan usaha yang besar hingga ke daerah sehingga bisa membawa berkah bagi banyak orang," tutur dia.

Untuk konsep, kedua tokonya memiliki konsep berbeda. Kedjora Coffee BSD menggunakan konsep café, sementara di Cipete sejauh ini masih konsep take away. Saking uniknya, Ivan menyertakan menu dengan nama zodiak seperti Capricorn Latte, Sagitarius Choco Milk, Taurus Expresso Matcha, Cancer Charcoal Latte, Leo Strawberrycano, Aries Velvet Latte, dan masih banyak lagi.

“Saya ingin nama kopi yang iconic, pasti diingat semua orang. Dan saya paling seneng sama hal yag berkaitan dengan bintang. Makanya saya kasih nama bintang atau zodiak. Dengan harga 20ribuan, orang bisa menikmati kopi kelas premium," ujar Ivan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya