Nasi Merah Lebih Sehat Dari Putih, Ternyata Mitos!

Nasi Merah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pernah dengar bahwa konsumsi nasi putih lebih tak sehat dibanding nasi merah? Opini itu tak salah, tapi juga bukan sepenuhnya benar karena perlu beberapa faktor penilai lainnya. Pilihan sumber karbohidrat sangat beragam mulai dari beras hingga jenis umbi-umbian.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Khusus orang Indonesia sendiri, makan tanpa adanya nasi sebagai sumber karbohidrat, rasanya seperti tak benar-benar makan berat. Apalagi, pilihan nasi yang dipilih cenderung berwarna putih yang katanya tak lebih sehat dari nasi merah. Benarkah?

"Zat merah di nasi merah adalah antioksidan. Nasi merah juga tinggi serat. Tapi, nasi putih juga boleh dimakan dengan cara yang tepat agar mendapatkan manfaat yang sama," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr dr Samuel Oetoro SpGK, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 3 Juni 2020.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dokter Sam melanjutkan, mengonsumsi nasi putih maupun merah harus memakai prinsip gizi seimbang. Hanya saja, pada pemakaian nasi putih, porsi dari sumber gizi lain perlu diperbanyak agar sama sehatnya seperti mengonsumsi nasi merah.

"Nasi putih boleh dikonsumsi, memang rendah serat, tapi bisa disiasati dengan cara lain untuk menambah serat. Porsi sayurnya diperbanyak, jadi sama sehatnya seperti makan nasi merah," terangnya.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Selain itu, porsi buah bisa diperbanyak usai mengonsumsi nasi putih. Dengan begitu, kadar antioksidan di tubuh bisa didapatkan seperti saat mengonsumsi nasi merah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Adapun sumber karbohidrat lain yaitu kentang, yang cukup sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Nah, agar khasiatnya tak jauh berbeda dengan nasi merah, dokter Sam menganjurkan konsumsi kentang dibarengi kulitnya.

"Cuci bersih kentang, jangan dikupas, lalu diolah dengan direbus. Konsumsi dengan kulitnya karena sumber seratnya ada di kulit kentang," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya