5 Cara Mengurangi Kelebihan Garam di Makanan

Garam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Garam adalah bahan penting dalam masakan kita. Buah-buahan, memasak daging atau sayuran yang dan bahkan permen, menggunakan garam untuk meningkatkan rasa.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Beberapa kali saat memasak kita semua cenderung terbawa suasana dan menambahkan lebih banyak garam daripada yang dibutuhkan. Jika masakan berakhir dengan banyak rasa asin, jangan khawatir, ada cara untuk membalikkan situasi ini dan mengembalikan keseimbangan rasa dalam hidangan. 

Lalu, bagaimana cara memperbaiki makanan yang terlanjur asin, berikut triknya dilansir dari Times of India.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Tambah air

Jika Anda telah menambahkan garam ekstra ke dalam sup, sup, atau kari, cukup menambahkan lebih banyak air dapat membantu. 

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Ilustrasi air putih

Jika Anda ingin menambahkan bahan lainnya pastikan itu tanpa garam. Hidangan Anda mungkin menjadi encer dan kehilangan konsistensi yang Anda tuju, tetapi itu dapat dengan mudah diperbaiki.

Cukup campur tepung jagung dan air untuk membuat bubur dan campur dengan hidangan Anda untuk membawa konsistensi kembali normal.

Krim untuk menyelamatkan!

Bahan krim memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa asin dari hidangan. Ketika ditambahkan ke piringan berbasis kari dalam bentuk cair, ia juga dapat mencairkannya sampai batas tertentu. 

Jika saus Anda mengandung garam berlebih, Anda bisa mencoba menambahkan krim atau susu untuk mengencerkan rasanya. Dalam resep dan cabai berbasis tomat, itu adalah pilihan yang lebih baik untuk menambahkan yogurt atau krim asam tanpa lemak. 

Tambahkan sayuran

Jika makanan kelebihan garam dan menjadi asin, mungkin ide yang baik untuk menambah hidangan dengan lebih banyak sayuran. Anda juga bisa menambahkan kacang rendah sodium, kentang dan bahkan nasi tawar. 

Menambahkan mie juga bisa mengurangi rasa asin karena menyerap sebagian air. Anda mungkin memiliki makanan tambahan yang dapat Anda gunakan nanti tetapi setidaknya tidak akan membuangnya!

Gula 

Gula merah

Perangi rempah-rempah dengan gula! Sedikit madu, sirup gula atau gula (baik putih atau coklat) dapat membantu menangkal rasa asin dari hidangan dan menyeimbangkan rasa. Gula merah lebih cocok untuk memperbaiki saus yang lebih gelap.

Gunakan asam

Zat asam seperti jus lemon, cuka putih atau cuka sari apel bisa menjadi cara yang bagus untuk menyesuaikan konsentrasi garam suatu hidangan. Kadang-kadang orang berpikir bahwa hidangan itu membutuhkan garam padahal sebenarnya hanya membutuhkan sedikit asam. 

Dengan memperhatikan rasa dapat membantu menghindari konsumsi garam yang berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya