Jangan Buang Kulit Ikan, Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi kuliner Asia/olahan ikan/memasak ikan.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ikan menjadi salah satu sajian yang digemari oleh masyarakat Indonesia lantaran harga yang terjangkau dan mudah didapat. Tak hanya itu, ikan juga memiliki rasa yang gurih dan lezat di lidah, apalagi bagian kulitnya.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Ikan selain bagian dagingnya yang dikonsumsi, kulitnya pun saat ini banyak diolah sebagai bahan dasar makanan. Baik digoreng garing, dilapisi tepung, bahkan disantap sebagai camilan, dengan tambahan taburan bumbu. 

Di balik rasanya yang gurih dan nikmat, ternyata kulit ikan memiliki khasiat untuk kesehatan. Kadar 'minyak sehat' di dalam kulit ikan bermanfaat baik bagi kesehatan organ tubuh.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Karena di dalam kulit ikan, di bawahnya lemak, kalau anda makan kulit ikan, ada  asam lemak sehingga kolesterol baik meningkat," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro, MS SpGK (K), dalam acara Hidup Sehat, di tvOne, Rabu 17 Juni 2020.

Selain itu, kulit ikan bermanfaat untuk mencegah dan mengobati peradangan. Hal ini, lagi-lagi, berasal dari minyak baik di bawah kulit ikan yang mengandung omega 3.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

"Makannya harus rutin. Omega 3 punya efek anti peradangan. Tetapi ini berbeda jika tidak makan teratur dan pengolahan harus benar," kata dia.

Seringkali pengolahan ikan digoreng dan diberi tepung agar krispi dan makin gurih. Pengolahan yang salah ini yang dapat memicu masalah kesehatan pada tubuh.

"Hati-hati Anda menggoreng, minyaknya kan banyak sekali. Kedua, yang seperti kulit ikan goreng ini karena kadar garamnya tinggi, justru bisa meningkatkan hipertensi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya