Lagi Trending, Ini 5 Olahan Mentai Kekinian Wajib Coba

Salmon Kani Mentai
Sumber :
  • Instagram byanind

VIVA – Selama pandemi COVID-19 sejumlah kreasi makanan bermunculan di tanah air, salah satunya adalah olahan makanan menggunakan saus mentai. Mentai sendiri aslinya berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui lada.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Bukan hanya mentai rice, sejumlah olahan makanan berbahan mentai juga ramai di masyarakat. Apa saja olahan mentai? Berikut ini lima olahan mentai yang dilansir dari berbagai sumber. 

Salmon mentai

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Salmon mentai belakangan ini menjadi menu makanan yang begitu populer di masyarakat. Mentai atau mentaiko merupakan makanan Jepang yang berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui dengan lada. Seiring berjalannya waktu, olahan mentai pun banyak dimodifikasi salah satunya adalah salmon mentai.

Salmon mentai sendiri terdiri dari nasi yang diberi salmon panggang dan diberi nori dan disiram dengan saus mentai creamy dan diberi lembaran nori atau tobiko.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Baca Juga: Kabar Gembira, Ilmuwan Temukan Kelemahan Virus Corona

Dimsum mentai

Dimsum mentai ini belakangan tengah happening di tengah masyarakat ibukota. Yang membedakan dimsum mentai dengan dimsum biasanya adalah tambahan saus mentai di bagian atas dimsum dan ditambah potongan nori. 

Shirataki Mentai

Shirataki merupakan mi tradisional Jepang yang tipis, rendah karbohidrat, dan rasanya kenyal. Mi shirataki sendiri terbuat dari iles-iles yang merupakan umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan.

Untuk olahan shirataki mentai, mi ini dimasak terlebih dahulu kemudian siramkan mentai merata diatasnya lalu dipanggang di atas oven. 

Sushi mentai

Berbeda dengan sushi pada umumnya, sushi mentai disajikan dengan tambahan saus mentai di bagian atasnya sebagai topping. 

Beef atau chicken rice mentai 

Beef atau chicken mentai sendiri terdiri dari nasi yang diberi beef atau chicken yang telah dimasak dan diberi nori dan disiram dengan saus mentai creamy dan diberi lembaran nori atau tobiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya