Waspada, Ini Ciri Daging Ayam Tiren dan Berformalin

Daging ayam.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA – Daging ayam menjadi sumber protein yang disukai masyarakat karena harganya yang murah dan mudah diolah. Tingginya permintaan daging ayam di pasaran terkadang tidak menutup kemungkinan membuat sejumlah pihak melakukan tindakan tidak terpuji.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Tidak sedikit orang 'nakal' yang sengaja menjual daging ayam bangkai (tiren) atau bahkan daging ayam berformalin. Maka dari itu, penting bagi kita mewaspadai hal tersebut. Lalu, bagaimana kita mengetahui ciri dari ayam tiren atau ayam berformalin?

Baca Juga: Ayam Broiler vs Ayam Kampung, Mana yang Lebih Baik?

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Dalam virtual conference JAPFA  bertajuk ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan Hoaks’, diungkapkan tips mengetahui daging ayam tiren dan berformali oleh oleh Ahli Kesehatan Masyarakayat Veteriner dari IPB, Dr.drh. Denny Lukman, M.Si. Berikut ini di antaranya.

1. Perhatikan sayap ayam

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2024: Daging Sapi, Cabai, hingga Telur Ayam Naik

Photo :
  • Freepik/freepik

Dijelaskan bahwa pada ayam tiren, pembuluh darah pada pangkal sayap berwarna biru kehitaman karena berisi darah.

2. Perhatikan permukaan karkas

Photo :
  • Pixabay/RitaE

Permukaan karkas ayam tiren biasanya terlihat warna kemerahan seperti memar.

3. Perhatikan pembuluh darah di kulit

Photo :
  • U-Report

Pembuluh darah kapiler pada ayam tiren terlihat jelas merah kehitaman pada daging terutama di potongan saluran nafas (trakea), saluran makan (esofagus) dan pembuluh darah terisi darah dan berwarna kehitaman atau gelap.

Sedangkan untuk ciri-ciri dari ayam berformalin, kata Denny, dapat diketahui dari permukaan kulit ayam. Dia menjelaskan bahwa ayam berformali, jika dicubit bagian kulitnya, maka kulit tidak kembali ke semula dan kulit terlihat kaku.

Maka dari itu, Denny menjelaskan untuk membeli daging ayam di kios resmi serta pilih daging ayam yang telah mendapat sertifikat NKV (Nomor Kontrol Veteriner), karena telah dijamin higienitas dan sanitasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya