4 Trik Biar Pancake Enggak Gosong dan Instagramable

Pancake.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pancake menjadi salah satu hidangan yang bisa dinikmati kapanpun, baik itu sarapan atau untuk makanan ringan di sore hari. Tak heran, sajian ini kerap hadir di berbagai restoran dengan tampilan menarik yang permukaannya rata dan warnanya pas.

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Chef William Gozali atau akrab disapa WilGoz menuturkan bahwa membuat pancake memang tak sulit tetapi mesti memahami beberapa trik yang jarang diketahui banyak orang. Mulai dari pemilihan bahan, cara mengolah, hingga variasi topping yang lezat.

Wah, jadi makin penasaran, ya? Biar lebih paham dan bisa langsung dicoba di dapur, kita intip empat trik membuat pancake ala Chef Wilgoz yuk.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Pilihan tepung terigu

Tepung terigu menjadi bahan utama untuk mengolah pancake. Tepung terigu sendiri ada tiga jenis protein yakni rendah, sedang, dan tinggi. Ternyata, memilih tepung terigu protein sedang sangat disarankan dalam mengolah pancake, lho.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

"Semakin tinggi kandungan protein, makin tinggi juga glutennya. Jadi, yang rendah untuk tekstur crumbly seperti kulit pie, biskuit, atau cookies. Yang sedang cocok untuk buat pancake dan crepes dengan tekstur lembut. Terakhir, yang tinggi biasanya untuk tekstur kenyal seperti roti dan mi," tuturnya dalam acara virtual Nutella Breakfast Experience.

Baking powder dan soda

Chef Wilgoz menegaskan bahwa kedua bahan itu harus ada dan tak boleh terlewatkan. Meski begitu, takarannya harus pas agar mengembang dengan menawan dan instagramable.

Teflon bersih

Sering kali, pemberian margarin atau minyak diaplikasikan di teflon langsung. Padahal, itu malah membuat permukaan pancake jadi enggak cantik dan banyak spot cokelat seperti gosong. Nah, Chef Wilgoz menyarankan margarin atau minyak diaduk bersama adonannya aja.

Api kompor pas

Pemakaian api yang besar bisa membuat pancake tidak matang merata bahkan bisa gosong. Bisa juga, api kompor membuat bagian permukaan cokelat krispi yang akhirnya tidak nyaman untuk dikonsumsi. Jadi, pakai api sedang cenderung kecil agar permukaan dan dalam pancake matang merata.

Variasi topping pas

Chef Wilgoz menyarankan agar pancake diaplikasikan dengan topping buah yang sedikit asam dengan tekstur plum seperti kiwi dan strawberry. Tambah juga buah pisang yang manis pas, serta Nutella. Biar semakin paham topping yang pas, kita coba resep dari Chef Wilgoz.

Siapkan bahan-bahan utama:

200 gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur
150 ml susu cair
1/2 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1 sdm gula
Margarin atau minyak secukupnya

Topping:

Selai cokelat kacang nutella
Buah-buahan asam, iris
Buah pisang, iris

Cara buat:

Tuang tepung terigu dan telur, aduk. Tuangkan susu perlahan sambil diaduk. Setelah rata, tambah baking powder dan baking soda, aduk. Tambahkan gula, aduk rata. Tuang margarin atau minyak, aduk.

Panaskan teflon, ambil adonan dengan sendok sayur ukuran sedang, tuang.

Setelah matang, tiriskan. Olesi dengan selai nutella, jadikan dia tumpuk, lalu taburi topping buah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya