Gak Cuma Nikmat, Kopi Ini Juga Lebih Ramah Lingkungan

ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/acekreations

VIVA – Siapa di sini yang tidak bisa hidup tanpa menyeruput secangkir kopi di pagi hari? Ya, bicara kopi, kebanyakan orang hanya membahas rasa, varian atau jenis, hingga asal dari kopi tersebut. Tapi, apakah kamu pernah mendengar kopi ramah lingkungan?

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Adalah kopi Tirto yang mendapat predikat tersebut. Di mana kopi ini budidayanya dilakukan dengan sistem agroforestri ramah lingkungan, yang dilengkapi dengan pembuatan rorak.

Sistem ini mampu membantu mengurangi air hujan langsung mengalir ke permukaan yang lebih rendah dan mengoptimalkan peresapan air hujan ke dalam tanah, sehingga turut berkontribusi terhadap konservasi air.  

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Ketua Dewan Pengurus Sustainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI), Irvan Helmi, mengatakan, dalam industri kopi yang semakin berkembang, terdapat hal-hal yang juga perlu diingat dan harus berjalan beriringan dengan kemajuan industri tersebut.

"Pertama, adalah memberdayakan dan menciptakan kesempatan dari sisi ekonomi untuk para petani, memperkuat keamanan pangan, dan juga memerhatikan keberlanjutan lingkungan," ujarnya saat Webinar Kopi Tirto yang dikembangkan oleh Danone-AQUA dan Yayasan Nirudaya, Jumat, 18 Desember 2020.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Agriculture and Economic Development Manager Danone Indonesia, Budi Rahardjo, mengungkapkan, kopi sebagai bagian dari tradisi masyarakat Indonesia perlu diperhatikan, mulai dari lingkungan tumbuhnya, hingga kesejahteraan petaninya.

"Selain untuk memberikan kesejahteraan kepada petani, tujuan yang tidak kalah penting adalah untuk bersama menjaga kualitas dan kuantitas air serta keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman dari para mitra petani melalui berbagai pembekalan untuk dapat menerapkan sistem pertanian kopi yang ramah lingkungan," jelas Budi.

Martin Kreshna, Executive Director Yayasan Nirudaya berharap kemitraan ini dapat mendorong terwujudnya perdagangan kopi yang adil bagi petani dan lingkungan.

"Kami menyambut baik inisiatif ini dalam melakukan pendampingan budidaya Kopi Tirto di berbagai area tangkapan air. Di sisi lain, kami berupaya untuk memasarkan kopi ini agar pendapatan petani meningkat," kata Martin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya