Resep Teh Sambiloto, Redakan Pilek hingga Gejala COVID-19

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Daun sambiloto mungkin sangat jarang didengar oleh orang awam, apalagi bagi yang jarang mengonsumsi tanaman herbal sebagai obat. Siapa sangka, khasiat sambiloto sangat ampuh meredakan berbagai macam virus, termasuk gejala COVID-19 yang tengah menyerang banyak orang.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Sambiloto merupakan salah satu tanaman yang kerap hadir di kawasan Asia serta India. Daun ini juga cukup banyak ditemukan di Tanah Air. Bentuknya sendiri juga tak begitu khas, namun berbeda dengan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Adalah zat aktif bernama andrografolida yang ada di batang dan daun sambiloto. Zat tersebut yang berperan besar dalam menyembuhkan beragam penyakit. Bahkan, untuk meredakan gejala COVID-19 yang masih tergolong ringan.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

"Sejak dulu memang dipakai untuk atasi batuk pilek terutama infeksi influenza. Uji klinik di Thailand, bahkan, untuk atasi gejala batuk, pilek, demam, pada COVID-19. Juga, atasi gangguan pencernaan seperti diare, yang juga menjadi gejala ringan COVID-19. Sambiloto ini bersifat antivirus dan imunodulator," ujar Ahli Herbal, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, MSi, dalam acara Hidup Sehat, tvOne baru-baru ini.

Sambiloto juga bersifat sebagai penurun gula darah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Namun, rasanya sendiri memang cukup pahit, apalagi diolah menjadi minuman dekokta (ekstrak).

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

"Rasanya pahit banget makanya tambah madu. Karena dia sebagai dekokta, jadi langsung sekali tenggak aja agar tidak terasa pahit. Dikonsumsi 2-3 kali sehari. Kalau tidak kuat pahitnya, bisa langsung beli ekstraknya di kapsul," ujar Inggrid.

Lantas, seperti apa resepnya? Berikut rangkumannya.

Teh Sambiloto

Bahan-bahan

-3 gram sambiloto kering atau 10 lembar daun sambiloto segar
-2 sdm madu
-1 gelas air atau 200 ml air

Cara membuat

1. Rebus sambiloto selama 30 menit hingga menjadi seperempat air di gelas. Lalu campur madu, secukupnya. Tenggak langsung sampai habis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya