Trik Bersihkan Peralatan Dapur Hingga yang Paling Sulit

Ilustrasi peralatan masak
Sumber :
  • Pixabay/Olaf Bröker

VIVA – Membersihkan peralatan dapur memang pekerjaan yang tidak mudah. Dibutuhkan tekad dan niat yang kuat untuk melakukannya. Apalagi, beberapa peralatan terkadang memiliki noda membandel yang sulit dibersihkan. 

Deretan Alat Masak Ekslusif Hadir di Bulan Ramadhan 2024

Nah, jika kamu memiliki permasalahan yang sama, berikut trik membersihkan peralatan dapur, mulai dari microwave, blender, hingga kompor, dilansir dari Reader's Digest.

Microwave
Jangan sepelekan minyak dan kotoran yang berkerak di microwave. Untuk membersihkannya, potong lemon menjadi dua bagian, peras lalu tempatkan di mangkuk. Tambahkan potongan lemon ke dalam mangkuk bersama dengan 1/2 cangkir air.

Alat Masak Ikut Picu Gangguan Tiroid dan Kanker, Hingga Lebih Dekat dengan Sisca Soewitomo

Masukkan campuran air dan lemon ke dalam microwave selama 3 menit hingga cairan mulai mendidih. Tanpa membuka pintu, diamkan 5 menit di dalam microwave. 

Uap lemon akan membantu memecah kotoran, sehingga mudah dibersihkan setelah kamu mengeluarkan mangkuk. Keluarkan turntable untuk membersihkannya. Lalu lap bagian atas, bawah, samping dan pintu microwave sebelum memasangnya kembali.

Hati-hati Moms! Alat Masak Seperti Ini Picu Gangguan Tiroid Hingga Kanker

Blender
Benci membersihkan bagian pisau pada blender? Biarkan blender kamu melakukan semua pekerjaan kotornya sendiri. Isi blender dengan air panas setiap kali kamu selesai menggunakannya, tambahkan beberapa tetes sabun, lalu nyalakan blender. 

Kemudian bilas dan blendermu siap untuk digunakan kembali. Pastikan kamu membongkar blender dan menggosoknya sesekali untuk pembersihan menyeluruh. 

Tempat sampah
Jika tempat sampahmu mulai menimbulkan bau tidak sedap, inilah saatnya untuk membersihkannya secara menyeluruh. Kosongkan tempat sampah, lalu tuangkan setengah cangkir baking soda dan secangkir cuka, 2 cangkir es dan 1 cangkir garam. 

Diamkan hingga esnya mencair, lalu bersihkan dengan air dingin yang mengalir. Untuk menghilangkan bau, potong lemon kecil-kecil lalu masukkan ke dalam tempat sampah. 

Kompor
Untuk kompor gas, buka penyumbat port dengan pin atau klip kertas yang tidak dilipat. Kemudian lepas bagian yang dapat dilepas dan rendam dalam air panas yang sudah dicampur sabun. Gosok dan bilas hingga bersih. Lap kompor dengan kain lembap bukan basah untuk mencegah air bocor ke dalam kompor. 

Nah, jika kamu berniat membeli peralatan rumah tangga, sekarang tidak perlu repot-repot keluar rumah. Karena saat ini, sudah banyak toko yang menjual perlengkapan rumah tangga secara online di berbagai marketplace, salah satunya Dejavu.

Wu ZhuoYue, selaku pemilik toko Dejavu, mengatakan ini merupakan toko yang menjual aneka produk perlengkapan rumah tangga yang telah berdiri sejak Juli 2020.

"Produk unggulan kami ialah rak dan berbagai produk penyimpanan lainnya. Ketika barang-barang di rumah sudah mulai banyak dan tidak beraturan, produk penyimpanan dari Dejavu bisa menjadi pilihan yang tepat agar tata letak dan seisi rumah menjadi lebih rapi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu 13 Februari 2021. 

Selain produk-produk penyimpanan, brand ini juga menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, seperti peralatan dapur, peralatan kamar mandi, peralatan bersih-bersih, hingga hiasan dinding dan dekorasi taman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya